Share

Kerajaan Sunda Serang Majapahit Usai Perang Bubat

Tim Okezone, Okezone · Senin 08 Agustus 2022 05:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 07 337 2643548 kerajaan-sunda-serang-majapahit-usai-perang-bubat-L9iqZmlwYO.jpg Ilustrasi perang bubat (Foto: Ist)

PERANG Bubat berdampak terhadap Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Sunda. Bahkan, Kerajaan Sunda nyaris runtuh.

Dalam peperangan itu, raja dan para pejabat Kerajaan Sunda tewas diserang pasukan Bhayangkara Komando Gajah Mada. Patih Mangkubumi Hyang Bunisora Suradipati pun naik tahta mengisi kekosongan raja Sunda yang wafat. 

Patih Mangkubumi yang masih merasakan luka mendalam, langsung menginstruksikan rakyatnya agar tak boleh menikah dengan orang Jawa.

BACA JUGA:Hubungan Erat Sunda Galuh dengan Sriwijaya dan Majapahit karena Faktor Keturunan 

Dalam buku "Perang Bubat 1279 Saka : Membongkar Fakta Kerajaan Sunda vs Kerajaan Majapahit" dari tulisan Sri Wintala Achmad, sang raja mengeluarkan peraturan esti larangan ti kaluaran yang isinya di antaranya tidak boleh menikah dengan luar lingkungan kerabat Sunda atau dengan pihak timur dari Kerajaan Sunda, Kerajaan Majapahit.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Hal tersebut lantaran sebelumnya putri raja Dyah Pitaloka Citraresmi, lebih memilih menerima pinangan Raja Hayam Wuruk dan mengindahkan beberapa pinangan yang datang dari wilayah Sunda.

Pengorbanan inilah yang membuat Sunda membuat aturan itu, demi menghindari adanya Dyah Pitaloka Dyah Pitaloka lainnya.

Baca Selengkapnya di Sini: Serangan Balasan Kerajaan Sunda ke Majapahit Usai Perang Bubat

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini