Share

Gempa M5,1 di Seluma Bengkulu Tak Berpotensi Tsunami

Demon Fajri, Okezone · Minggu 07 Agustus 2022 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 07 337 2643400 gempa-m5-1-di-seluma-bengkulu-tak-berpotensi-tsunami-3Y7JTSXCUS.jpg Gempa Seluma, Bengkulu (Foto: Dok BMKG)

BENGKULU - Gempa tektonik dengan Magnitudo 5,1 mengguncang,Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Minggu 7 Agustus 2022, pukul 09.28 WIB.

Hasil analisis BMKG, menunjukkan gempa bumi ini terletak pada koordinat 4,41 derajat Lintang Selatan; 102,06 derajat Bujur Timur.

BACA JUGA:Gempa M5,1 Guncang Bengkulu, BMKG: Akibat Aktivitas Subduksi Lempeng 

Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 68 Kilometer (Km), arah Selatan Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, pada kedalaman 48 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, kata Kepala Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Litman, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault," kata Litman, Minggu (7/8/2022).

BACA JUGA:Gempa M5,1 Guncang Seluma Bengkulu 

Follow Berita Okezone di Google News

Gempa bumi ini, terang Litman, berdampak dan dirasakan di daerah Kota Bengkulu dan Kabupaten Kepahiang, dengan skala intensitas II - III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," jelas Litman.

Hingga pukul 10.00 WIB, lanjut Litman, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," pungkas Litman.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini