Share

Enam Bulan Terakhir, Sembilan Gunung Api di Indonesia Alami Erupsi

Arif Budianto, Koran Sindo · Jum'at 05 Agustus 2022 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 05 337 2642607 enam-bulan-terakhir-sembilan-gunung-api-di-indonesia-alami-erupsi-tYcQOok8tO.jpeg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

BANDUNG - Sembilan Gunung Api di Indonesia tercatat mengalami erupsi selama enam bulan terakhir. Dari sembilan Gunung tersebut, beberapanya mengalami erupsi eksplosif dan efusif.

Laporan Badan Geologi, sembilan Gunung tersebut adalah Dempo, Merapi, Semeru, Anak Krakatau, Ili Lewotolok, Soputan, Karangetang, Ibu, dan Dukono. Gunung tersebut ada di beberapa pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan lainnya.

"Terdapat dua gunung api yang erupsinya disertai awan panas serta 3 gunung api yang aktivitasnya disertai guguran lava, " jelas Kepala PVMBG Badan Geologi Hendra Gunawan.

Saat ini terdapat 5 gunung api dengan tingkat aktivitas Level III atau Siaga, yaitu Anak Krakatau, Merapi, Semeru, Ili Lewotolok dan Awu. Kemudian 15 gunung api di Level II atau Waspada dan 48 gunung api di Level I atau normal.

Pada 28 Juli 2022, tingkat aktivitas G. Raung yang berada di Provinsi Jawa Timur naik dari Level I (Normal) menjadi

Level II (Waspada). Kendati begitu, dia menghimbau masyarakat tidak panik, namun tetap waspada mengikuti perkembangan informasi dari instansi terkait. Arif Budianto

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini