Share

Rawan Longsor dan Banjir, Perindo Harap Masyarakat Dapat Pelatihan Mitigasi Bencana

Nur Khabibi, MNC Portal · Kamis 04 Agustus 2022 19:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 337 2642247 rawan-longsor-dan-banjir-perindo-harap-masyarakat-dapat-pelatihan-mitigasi-bencana-5Kx9qHBYTi.JPG Wakil Ketua DPD Perindo Bogor, Sumarwan Sastra (Foto: MPI)

JAKARTA - Wakil Ketua DPD Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kabupaten Bogor, Sumarwan Sastra berharap masyarakat di Kabupatennya mendapatkan pelatihan mitigasi bencana secara langsung.

Mengingat, Kabupaten Bogor menjadi salah satu daerah yang rawan akan bencana longsor dan banjir bandang.

"Saya mengharapkan ada pendidikan (mitigasi) yang langsung menyentuh terhadap masyarakat terkait mitigasi ini (longsor dan banjir bandang)," kata Marwan dalam Podcast Aksi Nyata Perindo dengan tema 'Pentingnya Mitigasi Bencana di Kabupaten Bogor', Kamis (4/8/2022).

Selain pendidikan mitigasi bencana kepada masyarakat, Marwan juga berharap Pemerintah Kabupaten Bogor lebih selektif memberikan izin pengembangan perumahan tersebut.

Diketahui, untuk membangun perumahan diperlukan membuka lahan yang harus menebang pohon.

"Perlu diketahui kerusakan di Kabupaten Bogor itu sudah mencapai 60 persen menurut WALHI, sedangkan di daerah Puncak itu 75 persen," ucapnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Ia melanjutkan, dengan penebangan pohon secara sembarangan dapat mengakibatkan hal yang cukup fatal.

Dengan tingginya intensitas hujan di Kabupaten Bogor, maka resiko terjadinya tanah longsor dan banjir bandang akan semakin tinggi.

"Bogor itu kan kota hujan, yang curah hujannya tinggi, tanah longsor atau banjir bandang itu sering terjadi di kabupaten Bogor, khususnya di Bogor Timur," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini