Share

Bharada E Ditetapkan Tersangka, Komnas HAM: Sejalan dengan Temuan Kami

Martin Ronaldo, MNC Portal · Kamis 04 Agustus 2022 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 337 2642094 bharada-e-ditetapkan-tersangka-komnas-ham-sejalan-dengan-temuan-kami-JytQIJp0XE.jpg Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Polisi menetapkan salah satu ajudan eks Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo, Bharada E sebagai tersangka kasus penembakan terhadap Brigadir J.

Menanggapi hal tersebut, Komnas HAM menyerahkan semua keputusan tersebut kepada pihak penyidik Polri.

"Sekarang timsus penyidik sudah menyatakan Bharada E tersangka, ya tidak bertentangan dengan apa yang kami temukan, pada kami kan Bharada E ini ya mengakui bahwa dia yang menembak walaupun kami tentu harus mencari lagi keterangan-keterangan dan bukti-bukti lain apakah hanya dia sendiri. Itu pertanyaan," kata Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik kepada wartawan, Kamis (4/8/2022).

Taufan pun mengatakan bahwa Bharada E telah mengakui penembakan pada saat pemeriksaan di Komnas HAM yang menurutnya menjadi acuan dari penyidik untuk menetapkan status tersangka.

"Tapi sekarang dengan ditetapkan sebagai tersangka, ya menurut kami itu adalah wewenang dari penyidik dan kita tentu menghargai, sejalan juga dengan temuan kami bahwa memang dia mengakui penembakan itu," jelasnya.

Baca juga: Bharada E Ditetapkan Tersangka, Komnas HAM Tetap Lanjutkan Proses Uji Balistik

Pihaknya pun tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lainnya apabila pasal yang dikenakan kepada Bharada E yakni pasal pembunuhan berencana. Menurutnya, sebagai proses kerja sama yang telah dilakukan oleh pihak Komnas HAM dan Tim Khusus Mabes Polri dalam mengungkap kasus pembunuhan tersebut.

Baca juga: Komnas HAM Ungkap Fakta Baru: Ferdy Sambo Ternyata Pulang Duluan Bersama Satu Ajudan

"Kan polisi sendiri sudah bilang ini kan baru tahap awal, jadi penyidik sudah bilang begitu tugas Komnas HAM adalah mengikuti penyidik sesuai memastikan add to justice dilaksanakan dengan baik sehingga yang bersalah dihukum yang tidak bersalah tidak dihukum," tuturnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini