Share

Irjen Ferdy Sambo Sudah 4 Kali Diperiksa, Begini Respons Komnas HAM

Martin Ronaldo, MNC Portal · Kamis 04 Agustus 2022 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 337 2642083 irjen-ferdy-sambo-sudah-4-kali-diperiksa-begini-respons-komnas-ham-pMXTrfix2D.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kadiv Propam Nonaktif Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo mengaku telah memenuhi panggilan penyidik Mabes Polri sebanyak empat kali. Hal tersebut disampaikan oleh dirinya disaat memenuhi panggilan penyidik pada Kamis (4/8/2022).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komnas HAM, Ahmat Taufan Damanik mengatakan bahwa pemeriksaan Ferdy Sambo masih menunggu hasil pemeriksaan lainnya.

"Belum kan kami kan tadi sudah bilang belum memeriksa Ferdy Sambo tapi jangan dikonfrontir, penyidik kan punya cara sendiri, kami punya cara sendiri dengan ranahnya yang berbeda," katanya kepada wartawan di Komnas HAM.

Taufan mengatakan tidak ingin terburu-buru dalam memanggil Ferdy Sambo. Hal itu disebabkan, untuk memastikan apakah ada dugaan penyiksaan atau pelanggaran HAM dalam kasus tersebut.

Baca juga: Viral! Video Ferdy Sambo saat Jadi Anak Buah Krishna Murti, Kini Pangkatnya Lebih Tinggi

"Tapi apakah ini bersaing ya nggak kan buktinya mereka datang kemari kan Pak Wakapolri, Pak Irwasum sebagai ketua Timsus, Pak Andy Ryan, Kak Aditya berkali-kali kemari," jelasnya.

Ia pun menegaskan bahwa segera mungkin untuk memanggil dan memintai keterangan dari Ferdy Sambo untuk kasus yang terjadi di kediaman dirinya.

Baca juga: Dirtipidum Bareskrim Polri Pimpin Pemeriksaan Irjen Ferdy Sambo

"Pasti kami akan memanggil ke mari, caranya seperti apa, ya nanti kita lihat perkembangan terakhir. Kayak tadi Bharada E kan tentu bila kami ingin mendengar keterangan dia kan kami harus ke sana, masa tahanan mau dibawa-bawa kemari," ujar Taufan.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Sebelumnya, Irjen Ferdy Sambo datang memenuhi panggilan pemeriksaan di Bareskrim Polri. Sambo diperiksa terkait dengan kasus penembakan yang dilakukan Bharada E yang menewaskan Brigadir J di rumah dinasnya.

"Hari ini saya hadir memenuhi panggilan penyidik Polri. Pemeriksaan hari ini adalah pemeriksaan yang keempat," kata Sambo saat tiba di Bareskrim, Kamis (4/8/2022).

Baca juga: Soal Kematian Brigadir Yosua, Ini Pernyataan Lengkap Ferdy Sambo

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini