Share

Deretan Kasus Libatkan Oknum Anggota Polisi yang Hebohkan Publik

Tim Okezone, Okezone · Kamis 04 Agustus 2022 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 337 2642074 deretan-kasus-libatkan-oknum-anggota-polisi-yang-hebohkan-publik-CgkYpKxAE9.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sejumlah kasus yang melibatkan oknum polisi kerap menghebohkan publik. Polisi yang bertugas menangkap penjahat malah menjadi pelakunya sehingga tak pelak menuai kecaman dari masyarakat.

Berikut deretan kasus yang melibatkan polisi dihimpun dari berbagai sumber:

1. Oknum Polisi dan ASN Rampok Mobil

Seorang oknum polisi dan oknum aparatur sipil negara (ASN) merampok mobil milik mahasiswa di Lampung pada 9 Oktober 2021 silam.

Saat itu korban sedang asik nongkrong di Lapangan Enggal, Bandar Lampung.

Baca juga: Terungkap, Ini Alasan Oknum Polisi Intimidasi Wartawan saat Liput Rumah Ferdy Sambo

Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno membenarkan seorang anggotanya menjadi pelaku dalam perampokan tersebut.

"Oknum ini berdinas di Polresta Bandar Lampung, inisial Bripka IS," kata Hendro saat itu.

Perampokan itu dilakukan oleh empat orang. Selain Bripka IS, polisi juga menangkap seorang ASN Pemprov Lampung berinisial ARD (39), warga Durian Payung.

Baca juga: Oknum Polisi Intimidasi Wartawan saat Liput Rumah Ferdy Sambo, Polri Minta Maaf

Selanjutnya oknum polisi itu pun dipecat dari kesatuannya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

2. Polisi Pacaran Pakai Mobil Patroli

Kasus ini sempat viral di media sosial (medsos) hingga pada akhirnya Kakorlantas Istiono memutasi Bripda Arjuna Bagas Setiawan.

Bripda Arjuna menggunakan mobil Patroli Jalan Raya (PJR) untuk pacaran. Usai kedapatan menggunakan mobil dinas untuk pacaran, Banit Subditwal dan PJR Ditgakkum Korlantas Polri itu langsung dimutasi untuk melaksanakan tugas baru sebagai Bintara Administrasi (Bamin) Subbag SDM Bagrenmin Korlantas Polri.

3. Oknum Polisi Pesta Narkoba di Vila

Seorang oknum polisi di Kota Mojokerto ditangkap saat menggelar pesta narkoba di sebuah vila. Alhasil, para pelaku itu pun diperiksa Propam Polda Jatim.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko membenarkan, adanya oknum polisi yang ditangkap tersebut. "Satu anggota diamankan terkait penyalahgunaan narkoba. Sekarang sedang diperiksa di Polda Jatim," kata Gatot, Rabu 20 Okrober 2021.

Baca juga: Miris! 2 Oknum Polisi Ditresnarkoba Ditangkap karena Terlibat Kasus Narkoba

Oknum polisi yang ditangkap merupakan anggota Polsek Jetis, Kota Mojokerto. anggota yang terlibat penyalahgunaan narkoba itu pun ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku.

4. Polisi Perkosa Anak Tersangka agar Ayah Korban Bisa Dibebaskan

Kapolsek Parigi diduga perkosa anak tersangka S (20), perempuan asal Kabupaten Parigi Maoutong, Sulawesi Tenggara, menjadi korban pemerkosaan oknum polisi Iptu IDGN, yang saat itu menjabat sebagai Kapolsek Parigi.

Baca juga: IPW Desak Oknum Polri Terlibat Penganiyaan BYK Dipecat

Saat itu korban mengaku dirayu berkali-kali selama 3 pekan oleh pelaku agar mau kencan dengannya agar sang ayah yang ditahan di Polsek Parigi bisa dibebaskan.

Sementara itu ayah korban ditahan karena terjerat kasus pencurian hewan ternak. Kemudian, oknum Kapolsek itu pun langsung dicopot dari jabatannya.

5. Kapolres Nunukan Aniaya Anggotanya karena saat Meeting Zoom Wajahnya Tak Muncul

Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar melakukan penganiayaan terhadap anggotanya, yakni Brigpol SL lantaran pada saat meeting zoom dengan Mabes Polri terjadi kendala dan wajah Kapolres tak muncul di layar.

Brigpol SL yang merupakan staf bagian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diberi mandat untuk mengawal Zoom meeting dengan Mabes Polri saat itu.

Kemudian Brigpol SL dipukuli dan ditendang oleh sang Kapolres. Video berdurasi 43 detik merekam kejadian itu dan kemudian disebarkan oleh Brigpol SL.

Baca juga: Crazy Rich Kalimantan, Briptu Hasbudi Polisi Sultan Pemilik Tambang Emas yang Kini Dibui

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini