Share

KPU Bakal Klarifikasi Soal Parpol Catut Nama Penyelenggara Pemilu

Felldy Utama, iNews · Kamis 04 Agustus 2022 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 337 2641891 kpu-bakal-klarifikasi-soal-parpol-catut-nama-penyelenggara-pemilu-0jf0czgqmV.jpg Illustrasi (foto: dok Sindo)

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan segera mengklarifikasi kepada partai politik yang mencatut nama penyelenggara Pemilu ke dalam keanggotaan partainya. Hal ini menyusul temuan 11 penyelenggara Pemilu di daerah yang namanya terdaftar di sistem informasi partai politik (Sipol).

"Nanti akan diklarifikasi ke partai yang bersangkutan," kata Anggota KPU RI, Idham Holik kepada wartawan, Kamis (4/8/2022).

 BACA JUGA:KPU Sebut Ada 11 Penyelenggara Pemilu di Daerah Namanya Dicatut Dalam Keanggotaan Parpol

Saat disinggung parpol mana yang dimaksud, Idham menegaskan bahwa KPU belum bisa menyampaikan hal ini kepada publik. Mengingat, proses verifikasi masih berjalan.

"Belum bisa dipublikasikan. Kan belum selesai masa verifikasi administrasi," ujarnya.

 BACA JUGA:KPU dan Kemenkeu Hitung Ulang Anggaran Pemilu 2024

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Idham hanya menyampaikan bahwa, berdasarkan ketentuan yang terdapat di dalam Pasal 32 ayat 1 huruf a PKPU Nomor 4 Tahun 2022, Penyelenggara Pemilu adalah angora parpol yang tidak memenuhi syarat. Hal ini akan diproses selama masa verifikasi Administrasi.

"Kami mohon kecermatan operator akun Sipol Parpol dalam mengunggah data keanggotaan parpol dimana dipastikan tidak ada penyelenggara pemilu aktif yang namanya ada dalam keanggotaan parpol," pungkasnya.

Dibreritakan sebelumnya, sebanyak 11 penyelenggara pemilu di tingkat Kabupaten/Kota yang namanya didaftarkan dalam keanggotaan partai tanpa sepengetahuan dari yang bersangkutan. Jumlah tersebut merupakan pengecekan yang dilakukan secara mandiri di laman pemilu KPU.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini