Share

BNPT Siap Jaga Keamanan Siber di KTT G20

Tim Okezone, Okezone · Kamis 04 Agustus 2022 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 337 2641853 bnpt-siap-jaga-keamanan-siber-di-ktt-g-20-qrJrpe7qML.jpg Ilustrasi/ Doc: The Standart

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menegaskan komitmennya dalam menjaga keamanan siber dalam agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

"BNPT RI beserta jajarannya, siap menjaga ruang siber, simpan datamu, ikuti literasi, amankan gadget-mu dan perkuat pasword-mu," kata Sekretaris Utama BNPT Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Dedi Sambowo dikutip dari Antara, Kamis (4/8/2022).

 BACA JUGA:KPK Selisik Teknis Pencairan Dana Pinjaman untuk Mitra Koperasi di Jabar

Kesiapan BNPT tersebut disampaikannya saat kegiatan Focus Group Disscussion (FGD) Forum Koordinasi Keamanan Siber dalam KTT G20 yang diselenggarakan di Bali.

Dedi mengatakan kehadiran BNPT sebagai bentuk dukungan langsung terhadap keamanan siber dalam perhelatan KTT G20, khususnya sektor transportasi, energi dan informasi.

Adapun, Kasubdit Teknologi Informasi BNPT, Sutriyono mengatakan situasi terkini perkembangan dinamika ancaman terorisme di ruang siber termasuk ruang digital, dan media sosial.

 BACA JUGA:Sampaikan Duka Cita, Ferdy Sambo Kecualikan Perbuatan Brigadir Yosua ke Istrinya

Menurut Sutriyono yang tidak kalah penting adalah upaya kontra narasi propaganda ideologi radikal di ruang digital, serta kampanye akan kesadaran kebangsaan di ruang media sosial.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Sebab, narasi ideologi radikal kekerasan menjadi potensi ancaman yang berbahaya dan bisa mengganggu perhelatan KTT G20 Indonesia 2022 yang berlangsung di Bali.

 BACA JUGA:Pegawai Minuman di Karawaci Diduga Dihipnotis, Motor Dibawa Kabur Pelaku

Agenda KTT G20 tahun 2022 di Pulau Dewata Bali menjadi pembuktian atas citra dan nama baik Indonesia untuk memastikan perhelatan tersebut berlangsung aman dari berbagai ancaman.

Termasuk dalam hal ini ancaman terorisme yang cenderung menggunakan ruang siber untuk disalahgunakan dan dimanipulasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini