Share

KPK Selisik Teknis Pencairan Dana Pinjaman untuk Mitra Koperasi di Jabar

Arie Dwi Satrio, Okezone · Kamis 04 Agustus 2022 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 337 2641851 kpk-selisik-teknis-pencairan-dana-pinjaman-untuk-mitra-koperasi-di-jabar-ekw6GjgocB.jpg Plt Juru bicara KPK, Ali Fikri (foto: dok MNC Portal)

JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rampung memeriksa empat saksi terkait kasus dugaan korupsi penyaluran fiktif dana bergulir oleh Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) tahun 2012-2013.

Keempat saksi tersebut yakni, mantan Kepala Divisi Penatausahaan Dana Bergulir, Indra Baruna Setiawan; mantan Staf Divisi Bisnis di LPDB-KUMKM, M Marzuki; mantan Kepala Divisi Bisnis I, Asep Adipurna; serta mantan Staf Bisnis di LPDB-KUMKM Jakarta, Carles Simanjuntak.

 BACA JUGA:Dugaan Korupsi Dana Bergulir Fiktif, Begini Respons LPDB-KUMKM

Keempat saksi tersebut dikonfirmasi oleh penyidik ihwal teknis pencairan dana pinjaman di LPDB-KUMKM untuk para mitra koperasi di Jawa Barat (Jabar). Diduga, ada penyelewengan dana pinjaman untuk para mitra koperasi di Jabar tersebut.

"Para saksi hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan teknis dilakukannya pencairan dana pinjaman (LPDB-KUMKM) Tahun 2012-2013 bagi para mitra koperasi di wilayah Jawa Barat," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Kamis (4/8/2022).

 BACA JUGA:Usut Kasus Baru Bupati Nonaktif PPU, KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM

Sekadar informasi, KPK saat ini sedang mengusut kasus baru terkait dugaan korupsi penyaluran fiktif dana bergulir oleh Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) tahun 2012-2013. Penyaluran fiktif dana koperasi dan UMKM itu diduga terjadi di Jawa Barat (Jabar).

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

KPK sudah masuk dalam proses penyidikan terkait pengusutan kasus tersebut. Sejalan dengan itu, KPK juga sudah menetapkan sejumlah tersangka dalam perkara ini. Hanya saja, KPK masih belum merilis serta membeberkan secara detail siapa saja tersangka dalam perkara ini.

"Terkait siapa saja pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka, uraian perbuatan tindak pidana korupsi hingga dugaan pasal yang disangkakan, saat ini belum dapat kami sampaikan," kata Ali.

KPK berjanji akan mengumumkan secara resmi para tersangka serta konstruksi terkait perkara ini. KPK bakal menggelar konferensi pers terkait perkara ini setelah adanya proses penangkapan dan penahanan terhadap para tersangka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini