Share

KPU dan Kemenkeu Hitung Ulang Anggaran Pemilu 2024

Carlos Roy Fajarta, · Kamis 04 Agustus 2022 07:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 337 2641686 kpu-dan-kemenkeu-hitung-ulang-anggaran-pemilu-2024-gXUkuzLcEm.jpg Ilustrasi/ Doc: Okezone

JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari menyebutkan penghitungan ulang anggaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 oleh KPU dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah dilakukan saat ini.

Dia menyampaikan, anggaran Pemilu 2024 untuk sarana, prasarana kantor, dan mobilitas skema menyewa hingga saat ini juga belum cair.

 BACA JUGA:Benteng Parit Kerajaan Pajajaran Karya Prabu Siliwangi Sulit Ditembus

"Memang kan kalau dana belum cair ya seret. Tapi, yang operasional yang belum dipenuhi itu di antaranya untuk sarana prasarana kantor, kemudian sarana mobilitas," ujar Hasyim Asy'ari, Rabu (3/8/2022).

Hasyim menjelaskan dengan sedikitnya anggaran yang sudah dicairkan oleh Kementerian Keuangan maka pihaknya akan menghitung ulang alokasi anggaran untuk operasional dan sarana-prasarana tersebut.

 BACA JUGA:Sheikh Sudais Pastikan Ibadah Umrah Digelar dengan Aman, Khusyuk, dan Sehat

"Pembicaraannya tentu antara KPU dengan Kemenkeu, bahwa keputusannya segitu itu dari KPU. Karena kami tahunya ada surat dari dirjen anggaran, dari surat itu bisa diketahui pengambilan keputusannya siapa," tambahnya.

Segala keputusan terkait anggaran KPU RI kata Hasyim Asy'ari yang menentukan adalah dari Kementerian Keuangan.

"Untuk itu kita harus melakukan penghitungan ulang, dari semula yang dianggarkan sekian untuk kegiatan apa saja misalnya volume, frekuensinya, itu harus diperhitungkan ulang," ucap Hasyim Asy'ari.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Dengan keterbatasan anggaran yang ada, KPU RI kata Hasyim akan melakukan efisiensi penyelenggaraan Pemilu 2024 sebaik mungkin di setiap tahapan yang ada. Anggaran yang ada saat ini kata Hasyim akan diprioritaskan untuk tahapan awal Pemilu dan logistik yang ada.

 BACA JUGA:Tangkap 3 Bandit Narkoba di Labuhanbatu, Polisi Sita 9.206 Butir Pil Ekstasi

"Ya paling tidak kalau masih bisa untuk berkantor, listrik masih ada masih bisa bayar internet ya masih bisa jalan. Tapi sedang di hitung ulang ini," tutup Hasyim Asy'ari.

Sebagaimana diketahui, dalam rapat rasionalisasi anggaran antara KPU, pemerintah dan DPR beberapa waktu lalu telah disepakati anggaran yang dibutuhkan KPU RI untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang total mencapai Rp 77 triliun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini