Share

KPU: Parpol Akui Pendaftaran Lewat SIPOL Lebih Ringan

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Kamis 04 Agustus 2022 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 337 2641684 kpu-parpol-akui-pendaftaran-lewat-sipol-lebih-ringan-8nFtIzIUQN.jpg Gedung KPU (Foto: Dok Sindonews)

JAKARTA - Tahapan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 telah memasuki hari ketiga pada Rabu 3 Agustus 2022. Di hari ketiga, proses pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 berjalan lancar.

Partai politik yang hadir untuk mendaftar mengakui proses pendaftaran Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) jauh lebih ringan.

BACA JUGA:Febuar Rahman Targetkan Raih Satu Kursi di Tiap Dapil Sumsel pada Pemilu 2024 

Anggota KPU, August Mellaz selaku Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, usai prosesi pendaftaran menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan masyarakat dan parpol pada kegiatan pendaftaran Partai Politik calon peserta Pemilu 2024

Mellaz menilai SIPOL yang digunakan KPU dalam proses pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu tahun 2024 ini adalah operasionalisasi misi KPU untuk memudahkan dan melayani peserta. Hal ini dikonfirmasi secara langsung oleh ketua umum atau yang mewakili parpol saat pendaftaran, dan melalui pemberitaan media.

Mellaz mengungkap dua tantangan yang dihadapi KPU terkait kegiatan pendaftaran parpol.

"Pertama, soal konfirmasi kehadiran parpol yang telah mengajukan surat, tetapi ada perubahan teknis dan harus dijadwalkan ulang. Kedua, tantangan pasca pendaftaran, yakni untuk tetap menjaga ritme proses pendaftaran," kata Mellaz dalam keterangan tertulis.

BACA JUGA:Tama S Langkun: Partai Perindo Optimis Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024 

Mellaz menyebut sejak 2 Agustus 2022 kemarin, KPU mulai melakukan proses verifikasi administrasi terhadap dokumen-dokumen yang ada di SIPOL.

“Bagi KPU secara prinsip sepanjang tidak melewati tenggat waktu tanggal 14 Agustus pukul 23.59 WIB, hal ini masih yang normal,” ujar Mellaz.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

“Kemudian, bagaimana tetap menjaga antusiasme publik, bahwa KPU telah berupaya dan bekerja dengan baik. Termasuk menjelaskan proses-proses terkait transparansi verifikasi administrasi parpol. Saya kira publik perlu tahu, bahwa informasi itu penting,” imbuhnya.

Mellaz juga menekankan adanya proses informasi yang sangat terbuka melalui penayangan live streaming pada kegiatan pendaftaran parpol calon peserta pemilu 2024.

Melalui penayangan live streaming tersebut, KPU berharap masyarakat dapat memantau sekaligus memberikan informasi kepada pemilih gambaran yang lebih jernih terkait visi, misi, program yang akan membantu pemilih menentukan pilihan politiknya pada Pemilu 2024.

“Masyarakat dapat memantau dan mengingatkan KPU, agar proses yang telah dilalui bersama ini dapat dijaga dengan baik, sehingga KPU dapat melakukan pelayanan yang optimal kepadapartai politik dan pemilih,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mellaz mengatakan terkait respon sejumlah parpol yang dalam tiga hari ini telah melakukan pendaftaran, mereka sangat terbantu dengan adanya SIPOL.

“Saya rasa ini satu kemajuan untuk proses administrasi pemilu sebagai upaya KPU bersama- sama melakukan pembangunan kelembagaan dan modernisasi partai politik,” tandasnya.

Berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh Tim Verifikasi Administrasi KPU RI terhadap Partai Garuda yang mendaftar sebagai partai politik calon peserta Pemilu 2024, pukul 15.19 WIB, KPU menyatakan dokumen persyaratan lengkap dan parpol bersangkutan dinyatakan didaftar.

Pada hari ketiga, selain Bawaslu RI hadir juga Komisi Informasi Publik (KIP) Pusat untuk memastikan bahwa proses-proses pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024 dilakukan dengan transparan.

Sebagai informasi, pada hari ketiga ini hadir mendaftar Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda). Sekretaris Jenderal KPU RI, Bernad Dermawan Sutrisno menyambut Ketua Umum dan Sekjen bersama delegasi parpol yang hadir.

Kemudian, delegasi parpol diantar menuju Ruang Rapat Utama di lantai 2 Gedung KPU untuk menyerahkan dokumen pendaftaran, surat pendaftaran dan dokumen persyaratan lainnya.

Di Ruang Rapat Utama lantai 2 Gedung KPU, Ketua KPU didampingi Anggota KPU Betty Epsilon Idroos, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, August Mellaz, Moch. Afifuddin, dan Idham Holik bersama Tim Teknis Pendaftaran parpol KPU telah menunggu delegasi parpol dan siap untuk menerima dokumen pendaftaran parpol tersebut.

Sebelum menyerahkan dokumen parpol, KPU memutarkan mars Partai Garuda untuk dinyanyikan oleh delegasi yang hadir di Ruang Rapat Utama lantai 2 Gedung KPU. Sebagai informasi, kegiatan pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024 ini dapat disaksikan secara langsung melalui channel Youtube KPU RI.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini