Share

Raja-Raja Nusantara Ini Memiliki Banyak Istri

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 04 Agustus 2022 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 03 337 2641496 raja-raja-nusantara-ini-memiliki-banyak-istri-pmw7WMX6Ey.jpeg Prabu Brawijaya V dari Majapahit. (Foto: sangpencerah.id)

JAKARTA – Sejarah mencatat bahwa wilayah Indonesia di masa lalu memiliki banyak kerajaan, dari ujung barat hingga timur Nusantara. Beberapa kerajaan, seperti Majapahit dan Sriwijaya bahkan memiliki kekuasaan di luar wilayah Indonesia saat ini.

Di antara para raja yang memimpin kerajaan-kerajaan Nusantara itu, beberapa di antaranya diketahui memiliki banyak istri, bahkan ada yang jumlah istri dan selirnya mencapai ratusan.

Salah satu raja itu adalah Prabu Siliwangi, yang memerintah Kerajaan Pajajaran antara 1482 dan 1521. Prabu Siliwangi disebut memiliki hingga 151 istri dan selir, termasuk Nyai Rambut Kasih, seorang wanita tangguh dan pemberani.

Pakubuwono X yang memerintah Kerajaan Surakarta dari 1893 sampai 1939 diketahui memiliki 2 permaisuri dan 39 selir. Dari selir-selirnya, Pakubuwono X mendapatkan 63 orang anak, namun dia tidak dikaruniai keturunan dari kedua permaisurinya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Raja Majapahit Prabu Brawijaya V terkenal mempunyai ratusan istri dan selir selama hidupnya, yang hidup harmonis dan rukun di istana. Salah satu istri Prabu Brawijaya V yang dikenal dengan kecantikannya adalah Dewi Dwarawati, putri beragama Islam dari Kerajaan Cempa di Thailand.

Baca Berita Selengkapnya: 3 Raja Nusantara yang Beristri Banyak, Ada yang Jumlahnya Lebih dari 150 Orang

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini