Share

Slebew! Jamaah Haji Asal Sulsel Ini Pulang ke Tanah Air dengan Gaya Nyentrik

Andika Shaputra, Okezone · Minggu 31 Juli 2022 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 31 337 2639502 slebew-jamaah-haji-asal-sulsel-ini-pulang-ke-tanah-air-dengan-gaya-nyentrik-nNNcFcIgvk.jpg Tangkapan layar media sosial

JAKARTA - Jamaah haji Indonesia saat ini mulai berdatangan ke Tanah Air setelah melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. Namun, sebagian dari mereka ada yang berpakaian unik dan nyentrik.

(Baca juga: Kabar Baik untuk Jamaah Haji RI, Ini Opsi Penambahan Jatah Air Zamzam Jadi 10 Liter)

Dalam video unggahan akun TikTok @Fachmi_Achmad, terlihat para jamaah haji asal Sulawesi Selatan yang baru saja pulang ke Tanah Air menggunakan pakaian adat Bugis.

“Jamaah haji Sulsel dikenal memiliki tradisi sendiri yaitu hampir kebanyakan mereka yang sudah berhaji akan memakai pakaian khusus dan menghiasinya dengan perhiasan. Pakaian tersebut mereka buat sebelum ke Tanah Suci,” tulis @Fachmi_Achmad dilansir Minggu (31/7/2022).

“Mereka akan memakainya saat kembali pulang ke Tanah Air, ada yang pernah melihat gaya nyentrik jamaah seperti itu?,” Tanya Fachmi.

Diketahui, Jamaah Sulsel dikenal memiliki tradisi sendiri yaitu hampir kebanyakan mereka yang sudah berhaji akan memakai pakaian khusus dan menghiasinya dengan perhiasan.

Pakaian tersebut mereka buat sebelum berangkat ke Tanah Suci dan akan digunakan saat kembali pulang ke Tanah Air. Unggahan video viral tersebut sudah lebih dari 730 ribu kali dilihat dan 17 ribu disukai.

Tidak sedikit dari warganet yang berkomentar tentang kebiasaan jamaah haji asal Sulsel tersebut.

“Lbh suka jamaah haji plng dr tanah suci pakai baju biasa apalg pakai baju putih or hitam ,” tulis @Juwiyanti**

“ini pulang haji? apa pulang kondangan buk,” komentar @UtiGu**

“haji yang pingin diakui,” tambah @ina**

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini