Share

Bertemu Sekjen Abu Dhabi, Wapres Ma'ruf Amin Promosikan Islam Moderat

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 29 Juli 2022 17:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 29 337 2638701 bertemu-sekjen-abu-dhabi-wapres-ma-ruf-amin-promosikan-islam-moderat-qbF9tHZC6y.jpg Wapres Maruf Amin bertemu Sekjen Forum Promosi Perdamaian Abu Dhabi Al-Mahfouz bin Bayyah (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin siap mempromosikan Islam moderat ke dunia internasional. Wapres pun menekankan pentingnya dunia Islam memperluas kerja sama dalam mempromosikan Islam wasathiyah.

Hal ini diungkapkan Wapres setelah menerima kunjungan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Promosi Perdamaian Abu Dhabi Al-Mahfouz bin Bayyah di Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Jumat (29/7/2022).

Wapres pun mendorong dialog inklusif sebagai solusi atas berbagai konflik yang terjadi, menangkal segala pemikiran radikal dan ekstrem yang merusak citra Islam, serta mencetak calon-calon ulama yang akan menyebarkan paham Islam wasathiyah ke seluruh dunia.

“Dunia Islam perlu meningkatkan dan memperluas kerja sama di dalam mempromosikan nilai-nilai dan pemahaman Islam yang benar dan moderat,” ujar Wapres dalam keterangan resminya.

Sementara pada pertemuan tersebut, Al-Mahfouz mengundang Wapres untuk hadir dalam acara Abu Dhabi Forum for Peace yang akan digelar pada Desember 2022, di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA).

BACA JUGA:Wapres Maruf Amin Kunjungi Kampung Batik Cibuluh Bogor 

Dia mengatakan, forum tersebut akan diikuti sekitar 500 undangan dan 40 organisasi internasional untuk bersama-sama membahas langkah-langkah serius dalam upaya mencapai perdamaian dunia, termasuk isu yang berkaitan dengan keumatan dan sosial keislaman.

“Kunjungan kami merupakan arahan dari Pemimpin Uni Emirat Arab untuk bertemu dengan Bapak Wakil Presiden dalam rangka menindaklanjuti kunjungan Bapak Presiden ke Abu Dhabi, dalam rangka meningkatkan kerja sama kedua negara, terutama dalam hal peningkatan pendidikan dan persamaan pandangan dalam dunia internasional dan keagamaan,” papar Al-Mahfouz dalam keterangan resmi yang diterima.

Menanggapi hal itu, Wapres merasa terhormat dan bersedia untuk menghadiri acara dimaksud. Menurutnya, Indonesia dan Abu Dhabi memiliki kesamaan visi terhadap perdamaian dan juga toleransi di dalam keberagaman.

“Saya menyampaikan terima kasih, jazakillah, atas kunjungan Yang Mulia Syeikh Mahfouz Al-Bayyah. Semoga pertemuan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi umat Islam di berbagai belahan dunia, terutama dalam mempromosikan Islam moderat,” sambut Wapres gembira.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini