Share

Wapres Ungkap 99,5% Bencana di Indonesia Merupakan Hidrometeorologi

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 29 Juli 2022 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 29 337 2638585 wapres-ungkap-99-5-bencana-di-indonesia-merupakan-hidrometeorologi-PzkjQ2hCg7.jpg Wapres KH Ma'ruf Amin (Foto: BPMI Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa 99,5% bencana di Indonesia merupakan kejadian hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, bahkan juga kekeringan.

Wapres mengatakan bahwa penyebab utamanya adalah fenomena perubahan iklim seperti terjadinya pemanasan global. Fenomena itu tidak terlepas dari ulah dari manusia yang lalai dalam berinteraksi dengan alam dan lingkungan sekitar.

“Kerusakan lingkungan telah menjadi penyebab semakin bertambahnya kejadian bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan kekeringan. Data BNPB Tahun 2021 menunjukkan bahwa 99,5% kejadian bencana di Indonesia merupakan bencana hidrometeorologi,” kata Wapres saat memberikan arahan pada Kongres Umat Islam Untuk Indonesia Lestari di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (29/7/2022).

Sementara itu, Wapres menegaskan pemerintah Indonesia juga sudah berkomitmen bersama negara-negara lain dalam upaya pengurangan emisi karbon melalui Road Map Nationally Determined Contribution tahun 2019 dan strategi jangka panjang pembangunan rendah karbon berketahanan iklim tahun 2050.

Baca juga: Ma'ruf Amin Minta Percepat Persiapan dan Implementasi 3 DOB di Papua

Selain itu, kata Wapres, Indonesia sebagai Ketua G-20 Tahun 2022 telah mengangkat isu perubahan iklim dengan penekanan pada skala resiliensi iklim, usaha penurunan emisi karbon, dan teknologi hijau.

“Harapannya dengan adanya komitmen dan kolaborasi internasional maka upaya mengatasi perubahan iklim dapat berjalan secara lebih baik,” ucap dia.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini