Share

Humor Gus Dur: Sebelum Tahu Demonstran, Harus Tahu Siapa yang Membayari

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 30 Juli 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 29 337 2638572 humor-gus-dur-sebelum-tahu-demonstran-harus-tahu-siapa-yang-membayari-QfU5fQCjSd.jpg KH. Abdurrahman Wahid. (Foto: ist.)

JAKARTA – KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur adalah seorang penggemar wayang. Karena minatnya pada pewayangan ini Gus Dur kerap menyempatkan diri mendengar atau menonton wayang, bahkan beliau juga kadang melontarkan guyonan terkait dengan wayang.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Cerita Tidak Naik Kelas hingga Suka Nonton Wayang Lupa Waktu

Dilansir dari buku “Mati Tertawa Bareng Gus Dur”, Presiden keempat RI itu sempat bercanda mengaitkan para demonstran dengan tokoh pewayangan.

Dikisahkan, dalam kisah pewayangan, punakawan selalu digambarkan sebagai kesatria, tetapi mereka sering diculik, dibawa berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Musuh para punakawan selalu digambarkan sebagai tokoh jelek seperti Buto Cakil.

Tetapi, menurut Sujiwo Tejo pada masa ini semua serba tak jelas. Perilaku kesatria tak jelas, siapa yang bisa disebut sebagai punakawan tak jelas, yang disebut dengan istana juga tidak jelas karena ada banyak yang bisa disebut istana.

Ketidakjelasan ini membuat rakyat menjadi bingung.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Ketika Calon Presiden AS Mimpi Diberkati Tuhan

"Supaya rakyat tentram, mbok ya (para elite politik) itu kalau berantem caranya yang cerdas lah. Rakyat seperti kita ini kan juga perlu tahu. Bukan begitu, Gus?," kata Ki Tejo.

"Sebelum tahu istananya, harus tahu dulu siapa demonstrannya," jawab Gus Dur

"Ya sebelum tahu demonstrannya, harus tahu dulu siapa yang membayari."

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini