Share

BMKG: Waspada Banjir Rob di Pesisir Selatan Jawa Akibat Fenomena Fase Bulan Baru

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 26 Juli 2022 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 337 2636178 bmkg-waspada-banjir-rob-di-pesisir-selatan-jawa-akibat-fenomena-fase-bulan-baru-M4tD4k9hGJ.jpg Ilustrasi/ Doc: Okezone

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi banjir pesisir atau rob di wilayah pesisir selatan Jawa pada 26 hingga 27 Juli 2022 mendatang.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Eko Prasetyo mengatakan potensi banjir rob ini diakibatkan adanya fenomena fase bulan baru dan peningkatan kecepatan angin sehingga mengakibatkan gelombang tinggi hingga 6 meter.

 BACA JUGA:Rapat Bareng 72 Mediator Non Hakim, PN Jakpus Usung Berdayakan Mediasi Pro Bono

“Adanya fenomena fase bulan baru dan peningkatan kecepatan angin yang konsisten hingga 46 km/jam di pesisir selatan Jawa mengakibatkan gelombang tinggi mencapai 4.0 - 6.0 meter yang dapat memberikan dampak terhadap potensi banjir pesisir di wilayah tersebut,” ungkap Eko dalam keterangan yang diterima, Senin (25/7/2022).

 BACA JUGA:KPK Tak Hadir, Sidang Gugatan Politikus PPP terkait Suharso Monoarfa Ditunda

Eko mengatakan berdasarkan analisis dan prediksi BMKG, pasang surut serta adanya potensi angin kencang dan gelombang tinggi, kondisi banjir pesisir ini dapat berlangsung tanggal 26 - 27 Juli 2022 di pesisir selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. “Ketinggian banjir pesisir berbeda di tiap wilayah,” katanya.

Eko pun mengingatkan kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. Seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

“Masyarakat dihimbau untuk menyiapkan upaya mitigasi dan adaptasi untuk mengantisipasi dampak dari banjir pesisir tersebut,” imbau Eko.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini