Share

Kecelakaan Truk Mengerikan yang Pernah Terjadi di Indonesia, Terbaru 'Cibubur Berdarah'

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Selasa 26 Juli 2022 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 337 2635898 kecelakaan-truk-mengerikan-yang-pernah-terjadi-di-indonesia-terbaru-cibubur-berdarah-cAxqNWJcjq.jpg Truk Pertamina yang terlibat kecelakaan di Cibubur. (Foto: Antara)

KABAR duka lagi-lagi datang dari dunia transportasi Indonesia. Sebuah truk tangki Pertamina menyeruduk beberapa kendaraan yang tengah berhenti di lampu merah di Jalan Alternatif Cibubur.

Tragedi yang terjadi pada 18 Juli 2022 ini disebut sebagai ‘Cibubur Berdarah’ lantaran menewaskan 10 orang.

Berikut informasi lengkap terkait kejadian tersebut dan beberapa kasus kecelakaan truk lainnya di Tanah Air yang juga menelan korban jiwa.

1. Juli 2022

Sebuah kecelakaan mengerikan terjadi di jalan Alternatif Cibubur arah Cileungsi pada 18 Juli 2022. Sebuah truk tangki milik Pertamina menabrak sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat di sebuah jalan turunan dengan lampu merah.

Akibatnya, 10 orang tewas dan 5 orang lainnya mengalami luka-luka. Video yang menggambarkan kondisi di TKP sesaat setelah kejadian pun ramai beredar di media sosial. Dari rekaman tersebut, terlihat para korban bergeletakan, bahkan ada korban yang berada di kolong truk.

Sopir dan kernet truk ditetapkan sebagai tersangka atas kejadian ini. Sementara itu, polisi menyatakan bahwa truk mengalami rem blong saat kejadian. Pemeriksaan intensif masih terus dilakukan usai keduanya resmi ditetapkan sebagai tersangka. Evakuasi badan truk sendiri baru bisa dilakukan menjelang tengah malam, yakni sekitar pukul 22.38 WIB. Proses evakuasi truk bermuatan 25 ton bio solar itu berjalan lancar dengan bantuan alat berat.

 Baca juga: Mobil Travel Terperosok ke Jurang di Tanjakan Dini Geopark, 1 Orang Tewas

2. Juni 2022

Sebanyak 9 orang tewas dan 12 orang mengalami luka berat dalam kecelakaan truk di Sumba Tengah, NTT pada 24 Juni 2022 pukul 1 siang. Sebuah truk jatuh ke dalam jurang usai mengalami rem blong. Karena hal itu, sopir bernama Pace Pundu Daitana tidak mampu mengendalikan laju truk, hingga truk terbalik dan terperosok ke dalam jurang.

Dari 9 orang korban tewas, 5 orang diketahui kehilangan nyawa di TKP dan sisanya saat berada di perjalanan menuju ke fasilitas kesehatan. Jasad para korban langsung dibawa ke puskesmas setempat untuk divisum. Sementara itu, korban luka-luka dirawat di intensif di puskesmas yang sama.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

3. April 2022

Kecelakaan maut yang melibatkan truk juga pernah terjadi di Pegunungan Arfak, Papua Barat pada 13 April 2022 dini hari. Total korban tewas adalah sebanyak 16 orang dan 13 lainnya terpantau kritis.

Trukyang mengangkut puluan pekerja tambang itu mengalami kecelakaan tunggal di jalanan yang kondisinya cukup menurun. Saat itulah, sopir tidak mampu mengendalikan kendaraannya hingga menabrak tebing dengan tinggi 6 sampai 8 meter.

4. Januari 2022

Masyarakat Indonesia dikagetkan dengan kejadian kecelakaan dahsyat di Balikpapan, 21 Januari 2022. Sebuah truk mengalami rem blong hingga menyeruduk belasan kendaraan yang sedang berhenti di lampu merah. Akibatnya, 4 orang tewas dan 1 lainnya kritis.

Sopir truk tronton, Muhammad Ali, membawa kendaraannya yang berisi batu kapur seberat 20 ton ke wilayah Kampung Baru, Balikpapan Barat. Namun, setelah tiba di sekitar lampu merah Muara Rapak, rem truk tersebut tidak berfungsi. Ditambah lagi, kontur jalan yang menurun membuat laju truk tak terkontrol.

Selain korban tewas, kecelakaan itu juga menyebabkan 30 orang mengalami luka berat dan ringan, 14 unit sepeda motor rusak parah, 6 unit mobil ringsek, dan sebuah pagar pembatas rusak. Sementara itu, lampu merah tersebut juga dikabarkan roboh. Para korban, baik tewas maupun luka-luka, langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat, yakni RSU Khanujoso dan RSU Beriman.

Berkaca dari kejadian ini, banyak pihak terutama polisi yang menyebut bahwa peristiwa kecelakaan truk di Cibubur sangat mirip dengan kecelakaan maut di Balikpapan.

5. Oktober 2021

Peristiwa kecelakaan maut antara truk boks dengan mobil sedan terjadi di Wanareja, Cilacap pada 23 Oktober 2021. Korban tewas dalam kejadian ini tercatat ada 4 orang, sementara 3 orang lainnya mengalami luka. Kecelakaan bermula ketika mobil sedan hitam itu tengah melaju dari arah Jawa Barat menuju ke Cilacap, Jawa Tengah. Saat berada di tikungan, mobil tersebut mengambil posisi terlalu ke kanan dan melebihi garis marka yang ada. Dari awah berlawanan, truk box datang dan tabrakan pun tidak bisa terhindarkan.

*diolah dari berbagai sumber

Ajeng Wirachmi-Litbang MPI

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini