Share

Cuaca Indonesia Hari Ini, 34 Kota Besar Cenderung Berawan hingga Hujan

Kiswondari, Sindonews · Senin 25 Juli 2022 03:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 24 337 2635520 cuaca-indonesia-hari-ini-34-kota-besar-cenderung-berawan-hingga-hujan-5IcUPd7fI1.jpg Illustrasi (foto: Okezone)

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa cuaca di 34 ibu kota provinsi di Indonesia, cenderung berawan hingga hujan pada Senin (25/7/2022) esok hari. Hal ini disebabkan adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia sebelah barat Bengkulu dan juga Laut Cina Selatan.

“Sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia sebelah barat Bengkulu dan juga di Laut Cina Selatan yang membentuk pada daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi di wilayah samudera Hindia barat Bengkulu, di pesisir barat Lampung, dan juga di sekitar Selat Karimata,” kata Prakirawan BMKG Gumilang Deranadyan di akun Instagram @infobmkg, dikutip Minggu (24/7/2022).

 BACA JUGA:Gempa Dua Kali Beruntun di Laut Flores, BMKG : Adanya Pertemuan Sesar Aktif di Bawah Laut

“Selain itu daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari wilayah Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara, di wilayah Kalimantan Timur, di Laut Banda dan juga di wilayah Papua. Kemudian, daerah pertemuan angin atau konfluensi terpantau di Samudera Hindia barat Bengkulu hingga selatan Jawa Barat, dan di laut Jawa bagian barat. Kondisi-kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sekitar wilayah konvergensi atau konfluensi tersebut,” sambungnya.

Untuk Sumatera, Gumilang memaparkan, potensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Banda Aceh, Padang, Pekanbaru, Jambi dan Bengkulu. Sementara itu untuk wilayah Medan berpotensi hujan dengan intensitas sedang.

“Sementara itu perlu diwaspadai bagi sobat yang berada di wilayah Palembang, Bandar Lampung, Pangkalpinang dan juga Tanjung Pinang, karena esok hari berpotensi hujan yang dapat disertai kilat maupun petir,” paparnya.

 BACA JUGA:Apakah Indonesia Berpotensi Alami Gelombang Panas seperti di Eropa? Ini Kata BMKG

Wilayah Jawa, kata Gumilang, potensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Serang dan Bandung, untuk wilayah DKI Jakarta, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya kondisi cuaca cenderung berawan. Sementara Denpasar, Mataram, dan Kupang diperkirakan cerah berawan hingga berawan.

“Sobat BMKG untuk wilayah Denpasar, Mataram, dan juga Kupang esok hari kondisi cuaca diperkirakan cerah berawan hingga berawan,” terang Gumilang.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Untuk wilayah pulau Kalimantan, Gumilang melanjutkan, perlu diwaspadai untuk wilayah Pontianak dan Tanjung Selor, karena berpotensi hujan yang dapat disertai kilat maupun petir. Sementara, untuk wilayah Palangkaraya dan Banjarmasin esok hari kondisi cuaca cenderung berawan.

“Dan untuk wilayah Samarinda esok hari diperkirakan kondisi cuaca akan berkabut,” imbuhnya.

Di Sulawesi, kata dia, potensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Gorontalo dan Kendari, namun demikian perlu diwaspadai di wilayah Mamuju karena berpotensi hujan dengan intensitas lebat dan wilayah Manado, Palu dan Makassar cenderung cerah berawan hingga berawan.

Dan wilayah timur Indonesia, Gumilang menambahkan, ada potensi hujan dengan intensitas ringan terdapat di wilayah Ternate dan untuk wilayah Ambon berpotensi hujan dengan intensitas sedang. Sementara itu untuk wilayah Manokwari dan juga Jayapura cuaca cenderung berawan.

“Demikianlah sobat informasi yang dapat kami sampaikan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Kami selalu menghimbau sobat untuk mengupdate informasi terkait cuaca iklim kualitas udara serta gempa bumi melalui www.bmkg.co.id. Jangan lupa pula untuk mengikuti akun media sosial kami di info BMKG,” imbaunya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini