Share

Kuasai Banyak Bahasa, Presiden Soekarno Miliki Pergaulan Luas di Dunia Internasional

Stefani Ira Pratiwi, Litbang Okezone · Minggu 24 Juli 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 23 337 2635047 kuasai-banyak-bahasa-presiden-soekarno-miliki-pergaulan-luas-di-dunia-internasional-pPL2pLIFno.jpg Presiden Soekarno (Foto: Wikipedia)

JAKARTA - Bukan hanya masyarakat Indonesia, namun dunia juga mengenal sosok Ir. Soekarno. Ia merupakan tokoh penting bagi kemerdekaan Indonesia, proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia. Sosoknya yang kharismatik memberikan ketertarikan tersendiri dalam kepemimpinannya. Tak sekadar penampilan, Soekarno juga memiliki banyak keahlian, terutama dalam berkomunikasi dan melakukan lobi-lobi.

Dalam usahanya untuk mencapai kemerdekaan, Soekarno memperlihatkan bahwa usaha tidak hanya dengan mengangkat senjata. Ia menunjukkan bagaimana tutur kata mampu meluluhkan dan menyampaikan kepentingan dengan lebih mudah dibandingkan dengan usaha secara fisik. Hal ini dilakukannya melalui berbagai macam kesempatan berpidato, perundingan dan pertemuan baik nasional maupun internasional.

 Baca juga: 4 Tokoh Nasional yang Jago Orasi, Sulut Semangat Lawan Belanda

Sebagai komunikator politik, Soekarno mampu berkomunikasi dalam sejumlah bahasa. Di antaranya adalah bahasa Indonesia, beberapa bahasa daerah seperti Jawa, Bali, Sunda, bahasa Jepang, bahasa Jerman, bahasa Belanda, bahasa Arab, bahasa Prancis, dan bahasa Inggris.

 Baca juga: Soekarno, Presiden RI yang Tinggalkan Istana Hanya Bawa Bendera Merah Putih

Dengan penguasaannya terhadap berbagai bahasa, tak heran bila Soekarno memiliki pergaulan luas di dunia internasional. Soekarno bahkan menjalin hubungan persahabatan dengan pemimpin dunia, di antaranya adalah Perdana Menteri Uni Soviet saat itu, Nikita Khrushchev. Keduanya pernah saling mengunjungi secara bergantian. Selain itu, Soekarno juga bersahabat dengan Presiden Amerika Serikat John F Kennedy, PM India Jawaharlal Nehru, Presiden Yugoslavia Josep Broz Tito, dan Presiden Kuba Fidel Castro.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini