Share

Pekan Depan, Dokter Forensik Polri Temui Komnas HAM Bahas Autopsi Brigadir J

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 22 Juli 2022 19:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 337 2634735 pekan-depan-dokter-forensik-polri-temui-komnas-ham-bahas-autopsi-brigadir-j-YibhRPMDTd.jpg Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo (Foto: MPI)

JAKARTA - Tim kedokteran forensik Polri pekan depan bakal menemui Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk membahas soal hasil autopsi Brigadir J.

"Nanti sama, ketika nanti ketika kedokteran forensik hadir di Komnas HAM juga akan menyampaikan tentang hasil autopsi," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada awak media, Jakarta, Jumat (22/7/2022).

BACA JUGA:Kasus Brigadir J Tewas, Labfor Masih Periksa HP dan CCTV secara Scientific Crime Investigation 

Kemudian, Dedi menyebut, forensik Polri dan Komnas HAM juga akan membahas soal hasil pemeriksaan mayat. Menurut Dedi, hal itu merupakan bentuk dan komitmen keterbukaan dalam pengusutan perkara tersebut.

"Tapi ingat bahwa ini adalah pro justicia oleh karenanya segalanya harus sesuai dengan norma hukum yang berlaku, karena tidak semuanya harus dibuka, kalau untuk pro justicia yang bisa mengetahui kan hanya penyidik, pengacara, dan misalnya Komnas HAM boleh," ujar Dedi.

Di sisi lain, Polri memastikan telah menampung aspirasi dari keluarga Brigadir J terkait dengan dokter yang dilibatkan dalam proses autopsi ulang atau ekshumasi.

"Rumah sakit permintaan dari pengacara kan ada beberapa rumah sakit, salah satunya RSCM," ucap Dedi.

BACA JUGA:Polri Tampung Aspirasi Keluarga Brigadir J soal Dokter untuk Autopsi Ulang 

Dedi menekankan, dalam hal ini, Polri akan terus menampung aspirasi dan harapan dari pihak keluarga terkait siapa saja yang dilibatkan dalam proses autopsi ulang tersebut.

"Boleh pihak pengacara menyampaikan juga seperti itu dari berbagai RS dokter-dokter yang memang ekspert di bidang forensik nanti akan dihadirkan kita terbuka," ujar Dedi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini