Share

Ini Cara Perindo Cegah Terjadinya Money Politic di Pemilu 2024

Nur Khabibi, MNC Portal · Jum'at 22 Juli 2022 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 337 2634711 ini-cara-perindo-cegah-terjadinya-money-politic-di-pemilu-2024-YkMibx7hry.jpg Christ Taufik/Foto: MNC Portal

JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menggelar diskusi publik dalam Webinar yang bertemakan 'Moral Hazard di Level Voters'. Webinar tersebut, membahas lebih dalam bagaimana mengatasi money politic saat gelaran Pemilu di Indonesia.

(Baca juga: Lakukan Money Politic, 4 Timses Kades di Tangerang Diamankan)

Dalam webinar tersebut, hadir dua orang narasumber, yakni Juru Bicara Nasional Partai Perindo, Christophorus Taufik dan Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Indonesia, Neni Nur Hayati.

Dalam paparannya, pria yang akrab dengan panggilan Chris Taufik itu menyatakan Partai Perindo terus berupaya menghilangkan money politic atau politik uang di Indonesia.

Di mana, Partai Perindo melakukan pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) dengan sangat terbuka, yakni dengan program yang disebut konvensi rakyat.

Ia melanjutkan, dengan sistem tersebut, diharapkan akan tercapai sistem yang transparan. Menurutnya, transparansi merupakan salah satu unsur yang dapat mencegah money politic.

"Kita percaya salah satu untuk mencegah money politic adalah transparansi," kata Chris saat mengikuti webinar tersebut, Jumat (22/7/2022).

"Makanya sistem yang kita gelar konvensi rakyat, perekrutan juga dibuka di setiap kantor-kantor DPW, DPD, dan DPC. Tujuannya adalah supaya ada keterbukaan ada transparansi," sambungnya.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Selain itu, nantinya juga akan dilakukan penandatanganan oleh Bacaleg yang diterima Perindo terkait memerangi kegiatan money politic.

"Setiap caleg yang dari Perindo itu pasti akan menandatangani semacam pernyataan sikap bahwa mereka harus memerangi (money politic), harus menyatakan tidak akan melakukan money politic,"pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini