Share

Polri: Keluarga Brigadir J Sudah Ajukan Permohonan Autopsi Ulang Libatkan TNI

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 22 Juli 2022 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 337 2634471 polri-keluarga-brigadir-j-sudah-ajukan-permohonan-autopsi-ulang-libatkan-tni-YNt7lztEgN.jpg Irjen Dedi Prasetyo. (Foto: Dok MPI)

JAKARTA - Polri menyatakan keluarga Brigadir J telah mengajukan permohonan untuk melibatkan pihak TNI dalam proses autopsi ulang atau ekshumasi.

"Sudah (diajukan kepada penyidik)," kata Dedi saat di konfirmasi, Jakarta, Jumat (22/7/2022).

Dedi mengatakan, penyidik akan melakukan komunikasi untuk melibatkan dokter forensik dari TNI usai menerima permohonan dari keluarga Brigadir J. Dia menegaskan penyidik sangat terbuka terhadap pembuktian ilmiah oleh orang-orang yang ahli di bidangnya.

"Agar kasus ini menjadi terang benderang, transparan dan akuntabel," ujar Dedi.

Sebelumnya, pihak keluarga Brigadir J menyatakan bahwa tim independen autopsi ulang akan melibatkan dokter forensik dari seluruh pihak, di antaranya adalah TNI.

 Baca juga: Polisi Periksa Keluarga Brigadir J Terkait Laporan Dugaan Pembunuhan Berencana

Usai dilangsungkannya gelar perkara bersama tim khusus, Kompolnas dan pihak keluarga, akhirnya disepakati untuk melakukan autopsi ulang atau ekshumasi.

"Oleh karena itu, terhadap visum et repertum dan autopsi yang dulu itu kami tolak dengan tegas dan telah dibicarakan tadi dalam gelar, bahwa akan dibentuk tim independen yaitu melibatkan dokter forensik gabungan dari RSPAD, kemudian dari RSAL, RSAU, dari RSCM, dan salah satu RS swasta nasional," kata pengacara keluarga Brigadir J, Kamarudin Simanjuntak di Gedung Bareskrim, Rabu 20 Juli 2022 dini hari.

"Termasuk yang diajukan polisi, misalnya dari mana gitu. Itu lah kurang lebih," tambahnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini