Share

Ketua DPP Bidang Keagamaan Perindo Paparkan Ayat Alquran Larangan Muslimah Menikah dengan Non-muslim

Nur Khabibi, MNC Portal · Kamis 21 Juli 2022 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 337 2634028 ketua-dpp-bidang-keagamaan-perindo-paparkan-ayat-alquran-larangan-muslimah-menikah-dengan-non-muslim-5iOrowAgrZ.JPG Ketua DPP Partai Perindo Bidang Keagamaan Abdul Khaliq Ahmad (Foto: Dok/Perindo)

JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) kembali menggelar Podcast Aksi Nyata, Kamis (21/7/2022). Hari ini, Podcast tersebut mengambil tema 'Pernikahan Beda Agama, Bagaimana Menurut Agama Islam?'.

Hadir sebagai narasumber, Ketua DPP Partai Perindo Bidang Kegamaan, Abdul Khaliq Ahmad. Dalam kesempatan tersebut, ia memaparkan bagaimana hukum pernikahan beda agama menurut fiqih.

Diketahui, beberapa waktu yang lalu, Pengadilan Negeri (PN) Surabaya yang mengesahkan atau mengizinkan pernikahan beda agama. Putusan tersebut pun menjadi kontroversi dan perhatian publik.

Pada penjelasannya, secara fiqih terdapat dua hukum yang mengatur pernikahan berbeda keyakinan tersebut. Menurutnya, yang pertama adalah diperbolehkan dengan syarat mempelai pria muslim dan mempelai wanita non-muslim yang ahlul kitab.

Selanjutnya, Islam juga melarang pernikahan lintas agama. Hal itu jika mempelai wanita muslim dan mempelai pria dari non-muslim.

Khaliq menjelaskan, aturan tersebut tertuang dalam Al-Qur'an. Menurutnya, dalam surat Al-Baqarah ayat 221 menyebutkan larangan muslimah menikah dengan non-muslim.

"Wanita-wanita muslim itu tidak boleh jika nikah dengan orang-orang musyrik, orang-orang yang memang berbeda keyakinan dengan Islam, jadi secara tegas disebutkan di Al-Baqarah:221," ucapnya.

“Janganlah kalian menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu.” (Al-Baqarah ayat 221).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini