Share

Roy Suryo Minta Perlindungan LPSK Terkait Meme Stupa Borobudur

Rizky Syahrial, MNC Media · Kamis 21 Juli 2022 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 337 2633753 roy-suryo-minta-perlindungan-lpsk-terkait-meme-stupa-borobudur-HhTDY6xQwW.jpg Roy Suryo ke LPSK (Foto: Rizky Syahrial)

JAKARTA - Eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo mendatangi kantor Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) untuk menerima hasil rekomendasi perlindungan atas kasus Meme Stupa Candi Borobudur lalu.

"Itu bukan sesuatu hal yang dalam istilah Jawa ujug-ujug atau mendadak, tidak. Semua sudah kami lakukan dengan baik jadi langsung setelah tanggal 16 juni 2022 yang lalu kami langsung bersurat secara resmi ke LPSK," ujar Roy Suryo kepada wartawan Kamis (21/7/2022).

"LPSK pun secara proporsional tidak menganakemaskan kami, kemudian setelah diteliti mengikuti prosedur kami pun diterima pada tanggal 6 Juli, artinya adalah kami mengikuti semua prosedur secara normal bukan baru," tambahnya.

BACA JUGA:Polisi Sita Akun Twitter Roy Suryo Terkait Meme Stupa Mirip Jokowi 

Kuasa Hukum Roy Suryo, Pitra Romadoni yang hadir dalam kunjungan tersebut mengatakan, pihaknya sudah melakukan permohonan pendampingan saksi dan perlindungan korban yang sebagaimana diatur dalam UU Nomor 31 Tahun 2004 pada Pasal 10 Ayat (1) dan (2) tentang perlindungan saksi dan korban.

"Bahwasanya di dalam Ayat (1) menegaskan bahwa saksi, korban, ataupun pelapor yang sedang ataupun yang akan membuat laporan terhadap suatu peristiwa hal lainnya dalam suatu perkara itu, tidak dapat dituntut sebelum keputusan berkekuatan hukum tetap dikeluarkan terkait dengan laporan yang telah dibuatnya," tuturnya.

BACA JUGA:Kasus Meme Stupa Mirip Jokowi Ditemukan Unsur Pidana, Bagaimana Nasib Roy Suryo? 

Roy Suryo diperiksa polisi sebagai saksi terlapor, Kamis 14 Juli 2022. Roy dilaporkan terkait dugaan penistaan agama buntut cuitannya soal stupa Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Iya hari ini diperiksa sebagai saksi terlapor," ungkap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan di Markas Polda Metro Jaya, Kamis 14 Juli 2022.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini