Share

Fakta-Fakta Penembakan Brigadir J, CCTV Ditemukan hingga Pencopotan Jabatan

Tim Okezone, Okezone · Kamis 21 Juli 2022 07:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 337 2633432 fakta-fakta-penembakan-brigadir-j-cctv-ditemukan-hingga-pencopotan-jabatan-2tIewFV7kp.jpg Brigadir J semasa hidup (Foto: MPI)

JAKARTA โ€“ Kasus penembakan yang menewaskan Brigadir J terus bergulir. Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo memastikan tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bekerja keras mengungkap kasus ini. Dia juga berjanji akan segera membuka masalah ini sejelas mungkin ke public jika proses penyelidikan sudah selesai.

Diketahui, Brigadir J tewas ditembak oleh Bharada E di rumah dinas Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada Jumat (8/7/2022) sekitar pukul 17.00 WIB. Brigadir J merupakan sopir istri Ferdy Sambo. Sedangkan, Bharada E merupakan ajudan dari Ferdy Sambo.

Baca juga:ย Polri Gelar Perkara Laporan Keluarga Brigadir J soal Dugaan Pembunuhan Berencana

Berikut fakta-fakta penembakan Brigadir J.

1. Temukan CCTV

Irjen Dedi mengungkapkan pihaknya sudah menemukan CCTV sebagai barang bukti penting dalam upaya pengungkapan kasus tersebut tengah didalami oleh tim khusus yang dibentuk dalam mengusut kasus ini.

Baca juga:ย Bareskrim Temui Keluarga Brigadir J Besok, Sampaikan Hasil Autopsi

2. Amankan data

Irjen Dedi mengungkapkan tim khusus (timsus) telah berhasil mengamankan data rekaman CCTV saat peristiwa penembakan Brigadir J.

Dia mengatakan, rekaman CCTV itu diyakini bisa mengungkap secara jelas tentang konstruksi kasus penembakan di rumah dinas Kadiv Propam nonaktif, Irjen Ferdy Sambo.

3. Buka ke publik

Irjen Dedi berjanji akan segera mengungkap masalah ini ke publik, namun setelah dilakukan proses penyelidikan menyeluruh. Dedi berjanji akan menyampaikan perkembangan pemeriksaan CCTV tersebut ke publik. Hal itu agar informasi yang diberikan ke masyarakat utuh.

โ€œNanti akan dibuka apabila seluruh rangkaian proses penyidikan oleh timsus sudah selesai. Jadi dia tidak sepotong-potong, juga akan disampaikan secara komperhensif apa yang telah dicapai oleh timsus yang telah dibentuk oleh bapak kapolri," terangnya kepada wartawan, Kamis (21/7/2022).

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. CCTV diperiksa

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Pol Andi Rian Djajadi mengungkapkan rekaman CCTV tersebut tengah diperiksa di laboratorium forensik.

Untuk itu Andi menegaskan pihaknya akan mengumumkan hasil rekaman CCTV yang nantinya menjadi kunci hasil penyelidikan misteri penembakan Brigadir J tersebut.

5. Bukti baru

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Pol Andi Rian Djajadi memberi sinyal adanya bukti baru yang akan ditemukan oleh penyidik timsus.

"Tadi sudah diawali penjelasannya oleh Bapak Kadiv Humas, kita sudah menemukan beberapa bukti baru CCTV. Nah ini sedang proses di Lab Forensik untuk kita lihat," terangnya.

Menurut Andi, bukti rekaman CCTV tersebut ditemukan melalui sejumlah sumber, sehingga masih diperlukan penyesuaian agar rekaman tetap utuh dan berurutan.

6. Copot 2 jabatan penting

Polri kembali mencopot dua jabatan penting buntut dari kasus penembakan Brigadir J oleh Bharada E di rumah dinas Kadiv Propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo.

Pejabat yang dinonaktifkan yakni Karo Paminal Divisi Propam Polri Brigjen Hendra Kurniawan dan Kapolres Metro Jakarta Selatan (Jaksel) Kombes Budhi Herdi Susianto.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini