Share

4 Tokoh yang Dijadikan Nama Jalan Tol di Indonesia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 19 Juli 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 337 2631859 4-tokoh-yang-dijadikan-nama-jalan-tol-di-indonesia-bYPhFMJxDY.jpg Tol MBZ (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Menggunakan nama tokoh untuk sebuah jalan adalah salah satu cara yang dilakukan untuk memberikan apresiasi atas jasa-jasa tokoh tersebut. Selain mengapresiasi, hal tersebut juga dilakukan dengan harapan nama tersebut dapat dikenang dan menjadi inspirasi bagi orang sekitar.

Di Indonesia, banyak sekali nama jalan yang diambil dari nama tokoh, tak terkecuali jalan tol. Mungkin selama ini banyak masyarakat yang telah melewati jalan tersebut namun belum mengenal siapa tokoh di balik nama itu.

 BACA JUGA:Puluhan Nama Jalan Diganti, Wagub Riza: Kebijakan Sesuai Kepentingan Masyarakat Banyak

Berikut nama tokoh yang namanya dijadikan nama jalan tol di Indonesia yang diolah dari berbagai sumber :

1. Jalan Tol Profesor Doktor Insinyur Sedyatmo

 

Jalan Tol Prof Dr Ir Sedyatmo termasuk ke dalam bagian Jalan Tol Trans-Jawa. Jalan tol ini menghubungkan DKI Jakarta dengan Bandara Soekarno-Hatta, yang dikelola oleh PT Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT).

 BACA JUGA:Perubahan Nama Jalan Tuai Penolakan, Wagub DKI: Putusan Sudah dengan Berbagai Pertimbangan

Nama ruas tol ini diambil dari salah satu insinyur Indonesia yang mendunia berkat temuannya. Sedyatmo merupakan penemu fondasi cakar ayam yang banyak diaplikasikan sebagai pondasi sebuah bangunan di seluruh dunia. Penemuannya ini bahkan mendapat hak paten internasional di 11 negara.

2. Jalan Layang Sheikh Mohammed bin Zayed

 

Pada 2021 lalu, pemerintah resmi mengubah nama Jalan Tol Jakarta-Cikampek menjadi Tol MBZ. MBZ merupakan singkatan dari salah satu Pangeran Arab, Sheikh Mohammed bin Zayed. Perubahan nama tersebut dilatarbelakangi oleh hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA) yang telah terjalin sejak lama.

Sheikh Mohammed bin Zayed merupakan Presiden Uni Emirat Arab yang terpilih pada 14 Mei 2022. Sejak menjadi putra mahkota, ia telah memegang peranan penting dalam bidang militer, ekonomi, hingga politik. Sheikh MBZ menjadi Ketua Dewan Eksekutif Abu Dhabi sejak tahun 2004 hingga 2022. Dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Bersenjata UEA sebelum mengambil peran sebagai Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

3. Gerbang Tol Pasteur

 

Gerbang Tol Pasteur adalah gerbang keluar tol arah Bandung di Jalan Tol Padaleunyi KM 127A. Jalan tol ini menghubungkan Jakarta dan Bandung. Sebagai salah satu pintu masuk Bandung, gerbang tol ini dapat dikatakan sebagai gerbang tol paling sibuk di Bandung.

Nama Gerbang Tol Pasteur berasal dari nama seorang ilmuwan kelahiran Prancis, Louis Pasteur. Ia merupakan penemu dari sistem pasteurisasi yang mampu mencegah pembusukan makanan dengan proses pemanasan.

4. Jalan Tol Insinyur Wiyoto Wiyono

 

Jalan Tol Ir Wiyoto Wiyono merupakan jalan tol terusan Jagorawi yang menghubungkan Cawang-Tanjung Priok. Jalan tol ini adalah jalan tol layang pertama di Indonesia yang diresmikan pada tahun 1990 oleh Presiden Soeharto.

Nama Wiyoto Wiyono diabadikan menjadi jalan tol sebagai bentuk penghormatan atas jasanya. Ia adalah sosok di balik pembangunan jalan tol tersebut. Saat pembangunan, ia menjabat sebagai Direktur Utama PT (Persero) Jasa Marga. Namun, sayangnya ia harus mengembuskan napas terakhir di tengah berlangsungnya pembangunan jalan tol tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini