Share

Prabowo Rajai Survei Capres di Daerah Basis Pendukung Jokowi-Ma'ruf, Bagaimana Ganjar dan Anies?

Tim Okezone, Okezone · Senin 18 Juli 2022 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 337 2631635 prabowo-rajai-survei-capres-di-daerah-basis-pendukung-jokowi-ma-ruf-bagaimana-ganjar-dan-anies-vMdlWtbbPu.jpg Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto (foto: dok Kemenhan)

JAKARTA - Hasil survei yang dilakukan Lembaga Analisis Ekonomi Politik dan Kebijakan Publik (LANSKAP) di Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah (Jateng) menjunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto berada di puncak.

Di Jatim, Prabowo keluar sebagai capres dengan elektabilitas tertinggi dengan persentase keterpilihan sebesar 25,4%. Sementara posisi berikutnya ditempati berturut-turut oleh Anies (13,4%); Khofifah (10,2%); Ganjar (9,2%); Sandiaga (4%) dan calon lainnya.

 BACA JUGA:LSN: Prabowo Subianto Puncaki Elektabilitas Capres 2024

Di Jateng, Prabowo meraih elektabilitas 20,5%, mendekati Ganjar yang meraih 22,4%. Sementara, Anies 12,1%, Puan Maharani 10,2% dan Tri Rismaharini 3,6%.

“Secara umum sentimen publik pada 23 tokoh nasional dan lokal yang digadang-gadang menjadi capres, Jateng memang menjadi basis dukungan terbesar Ganjar, namun telah terkikis oleh Prabowo dan calon lainnya,” ujar Direktur Eksekutif Lanskap, Mochammad Thoha, Senin (18/7/2022).

 BACA JUGA:Survei IndEX Research: Di Atas Angin, Prabowo Terus Unggul di Posisi Teratas dalam Bursa Capres 2024

Di Jateng popularitas Prabowo pun berada di persentase 95,5% dan di Jatim 85%. Angka ini jauh di atas semua figur.

Ganjar Pranowo berada di bawah Prabowo. Ia dikenal oleh 93,5% warga Jateng, namun di Jatim ia berada di posisi ke-6, yaitu 58,3%. Sementara itu, Anies dikenal 85,6% oleh publik Jateng. Dan di Jatim, Anies dikenal oleh 67,2% publik.

“Besarnya kecenderungan tingkat kedisukaan dua provinsi yang menjadi basis pendukung terbesar pasangan Jokowi-Maruf terhadap Prabowo ini diduga terjadi, karena sikap legowo yang ditunjukkan Prabowo mau bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi-Maruf,” jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Namun, survei tersebut juga mengungkapkan bahwa ada sebesar 21,1% publik yang belum menentukan pilihannya.

“Mungkin terjadi, karena ada kebingungan dari publik Jateng terhadap siapa capres yang akan diusung PDIP. Dinamika yang terjadi di PDIP terkait ini juga sangat menarik perhatian publik. Kita ketahui bahwa Jateng adalah basis pendukung ideologis PDIP dan Jokowi juga," kata Thoha.

Survei Lanskap dilakukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sample yang dicuplik dari masing-masing provinsi adalah 880 responden dengan menggunakan teknik multistage random sampling dengan margin of error ±3,3% dan tingkat kepercayaan 95%.

Hasil survei ini marupakan hasil survei yang dikumpulkan melalui wawancara tatap muka di 29 Juni hingga 8 Juli 2022.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini