Share

Mendagri Pastikan 3 Daerah Otonom Baru di Papua Ikut Pemilu di 2024

Bachtiar Rojab, MNC Media · Senin 18 Juli 2022 05:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 337 2631261 mendagri-pastikan-3-daerah-otonom-baru-di-papua-ikut-pemilu-di-2024-2cFFsA5R2Y.jpg

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah memastikan tiga Daerah Otonom Baru (DOB) yang berada di Papua, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan, akan turut memeriahkan gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti.

Tito mengatakan, kepastian tersebut Ia ungkap berdasarkan Undang-undang yang telah mengikutsertakan seluruh Provinsi di Indonesia.

 BACA JUGA:Pelaksanaan Ibadah Haji 2022, Hampir Seluruh Jamaah RI Puas

"Itu otomatis nanti (ikut Pemilu 2024). Kan di undang-undangnya (dicantumkan), mereka pasti ikut lah," ujar Tito kepada wartawan di Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (17/7/2022).

Lebih lanjut, Tito menuturkan, berbeda halnya dengan wilayah Papua Barat Daya yang masih diusulkan di parlemen. Menurut Tito, Ia belum bisa memastikan terkait ikut tidaknya wilayah tersebut.

 BACA JUGA:Waspada! Hujan Petir Diprediksi Terjang Jakarta Sore Hari

"Papua Barat Daya kan masih in progress, kalau anggaran cukup dieksekusi, kalau anggarannya enggak, di tahun yang lain," ungkapnya.

Seperti diketahui, DPR secara resmi mengesahkan tiga Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Daerah Otonomi Baru (DOB) menjadi UU, terkait pemekaran wilayah di Provinsi Papua. Hal ini diputuskan dalam rapat Paripurna Masa Persidangan V Tahun Sidang 2021-2022, Kamis (30/6/2022).

Sebelum pengesahan, Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia Tandjung melaporkan ihwal pembahasan draf RUU terhadap pemekaran tiga provinsi itu.

"Pemekaran ditujukan untuk mempercepat pemerataan pembangunan, mempercepat peningkatan pelayanan publik. Mempercepat kesejahteraan dan mengangkat harkat martabat masyarakat," kata Ahmad Doli dalam laporannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini