Share

Panglima TNI dan Kapolri Era Presiden Jokowi dan Kiprahnya Saat Ini

Almas Taqiyya, Litbang Okezone · Minggu 17 Juli 2022 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 16 337 2630703 panglima-tni-dan-kapolri-era-presiden-jokowi-dan-kiprahnya-saat-ini-NBdeIjIMpb.jpeg Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers Setpres)

SELAMA Presiden Jokowi menjabat, pergantian Panglima TNI dan Kapolri sudah beberapa kali dilakukan. Sejumlah petinggi tersebut juga mempunyai kiprahnya masing-masing.

Berikut beberapa panglima TNI dan Kapolri di era Presiden Jokowi dan kiprahnya saat ini.

1. Kapolri Listyo Sigit Prabowo

Sejak 27 Januari 2021, Listyo Sigit Prabowo dilantik menjadi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia ke-25. Orang nomor satu di Kepolisian ini mempunyai karier gemilang. Di antaranya pernah menjadi Kepala Badan Reserse Kriminal Polri di tahun 2019, kemudian Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri tahun 2018 dan Kepala Kepolisian Daerah Banten tahun 2016.

Kini setelah menjabat sebagai Kapolri, Listyo Sigit Prabowo terus berkiprah untuk memperbaiki Kepolisian Indonesia. Dalam sambutannya di Upacara HUT ke-76 Bhayangkara di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Listyo Sigit Prabowo berjanji untuk berbenah dan senantiasa peka dalam permasalahan terkait kepolisian. Ia menambahkan bahwa kepolisian akan terus menerima saran, aspirasi maupun kritikan dari pihak manapun guna melakukan perbaikan tersebut.

Listyo Sigit Prabowo juga terlihat kerap mendatangi acara kepolisian untuk seluruh lapisan masyarakat dan elemen bangsa. Misalnya pada 2 Juli 2022 silam, ia datang ke pagelaran wayang kulit dari Mabes Polri. Di sana, ia mengungkapkan bahwa pelestarian budaya Indonesia sangat penting dilakukan oleh setiap lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

 Baca juga: Tanya Jawab Jenderal Andika dengan Dandim Gemuk Kembali Viral, Penuh Canda Tawa

2. Idham Azis

Idham Azis adalah Kapolri yang menjabat sejak 1 November 2019 hingga 27 Januari 2021. Posisinya kemudian digantikan oleh Listyo Sigit Prabowo karena dirinya memasuki pensiun.

Semasa menjabat sebagai Kapolri, Idham Azis dikenal sebagai sosok yang piawai dalam pola pikir, mengedepankan pengetahuan, keterampilan, dan psikomotorik. Pengalamannya yang banyak menangani tugas-tugas reserse kriminal, membuat ia terasah dalam membangun analisis dan memecahkan kasus-kasus. Dengan sikapnya yang tegas, Idham bahkan tak ragu mencopot beberapa jenderal polisi yang terlibat kasus dan tidak menjalankan perintah.

Tak lama usai purna tugas dari kepolisian, Idham disibukkan dengan aktivitas revitalisasi lahan bekas tambak untuk dijadikan kebun mangrove yang berada di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Ia juga menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga di kampung halamannya di Kendari, serta menekuni hobinya.

3. Panglima TNI Andika Perkasa

Nama Andika Perkasa sempat hangat diperbincangkan setelah dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI ke-21. Ia diketahui menjabat sejak 17 November 2021 silam.

Karier militer Andika Perkasa sangatlah cemerlang. Sebelum menjadi Panglima TNI, Andika Perkasa terlebih dahulu menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat di tahun 2018. Ia juga sempat menjadi Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) tahun 2018.

Kini saat menjabat sebagai Panglima TNI, Andika Perkasa kerap menjalin hubungan kerja sama dengan negara lain. Ia menerima kunjungan Atase Pertahanan (Athan) Singapura, Kolonel Nicholas Lim. Bahkan, Andika Perkasa menerima medali penghargaan Meritorius Service Medal (Military) dari Pemerintah Singapura atas tercapainya kemajuan dan kerja sama yang dilakukan kedua negara.

Ia juga diminta DPR untuk mengusut kasus kematian Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Tk IV LB Moerdani Merauke Mayor Ckm dr Beni Arjihans, yang ditikam anggotanya, Sertu Muhammad Alkausar. DPR meminta Andika Perkasa untuk memberikan perhatian khusus pada kasus internal institusi TNI tersebut.

4. Hadi Tjahjanto

Hadi Tjahjanto merupakan salah satu Panglima TNI pada era kepemimpinan Jokowi. Namun, jabatan Panglima TNI ini sudah tidak diembannya lagi. Hadi Tjahjanto adalah menempuh pendidikan di Akademi Angkatan Udara pada 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU pada 1987. Setelah melalui perjalanan karier yang panjang, akhirnya Hadi Tjahjanto berada di posisi puncak dengan menjadi Panglima TNI di era Presiden Jokowi.

Kini, Hadi Tjahjanto sudah menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia sejak 15 Juni 2022. Kiprah Hadi Tjahjanto sebagai menteri sangat beragam. Sejumlah usahanya adalah memberantas pungli di lingkungan kementeriannya. Kemudian, Hadi Tjahjanto juga kerap meninjau layanan pemerintahan, seperti Kantor BPN di Kendal yang menerapkan sistem Drive Thru. Ia berharap sistem tersebut dapat diterapkan di tempat lain.

Diolah dari berbagai sumber:

Almas Taqiyya - Litbang MPI

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini