Share

4 Artis Jadi Korban Penipuan, Nomor Terakhir Rugi Belasan Miliar!

Tika Vidya Utami, Litbang Okezone · Jum'at 15 Juli 2022 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 15 337 2630310 4-artis-jadi-korban-penipuan-nomor-terakhir-rugi-belasan-miliar-VMo9AP1GWU.jpeg Jessica Iskandar jadi korban penipuan. (Foto: Dok MPI)

KASUS penipuan masih marak terjadi di Indonesia. Penipuan ini tidak hanya menimpa pada masyarakat biasa, namun sejumlah artis ini pun mengalaminya.

Bahkan kasus penipuan yang menimpa artis ini kerugiaannya mencapai miliaran rupiah. Berikut daftarnya:

1. Jessica Iskandar

Jessica Iskandar menjadi korban penipuan atas kasus penyewaan mobil di Bali. Menurut pengakuannya, ia mengalami kerugian hampir Rp10 miliar berupa mobil mewah dan sejumlah uang.

Pelaku diketahui bernama Christopher Stefanus Budianto atau dikenal Steven. Jessica percaya kepada Steven karena keduanya sudah berteman dan bisnis yang digeluti Steven cukup meyakinkan.

Suami Jessica, Vincent Verhaag menambahkan, usaha Steven sudah populer serta banyak dikenal sehingga tidak ada kecurigaan. Jessica telah melaporkan terduga pelaku ke Polda Metro Jaya atas kasus penipuan. Laporan tercatat dengan laporan polisi nomor LP/B/2947/VI/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA tanggal 15 Juni 2022.

Baca juga: Aksi Kejahatannya Viral di Medsos, 3 Pemuda Ditangkap

2. Uya Kuya

Uya Kuya melaporkan Medina Zein atas dugaan penipuan jual beli mobil pada Mei 2022. Uang Uya Kuya sebesar Rp100 juta pun raib. Uya juga merasa istri Lukman Azhari ini memarahi hingga mengancamnya, akhirnya ia pun melaporkan ke pihak kepolisian.

Medina Zein dilaporkan Uya ke Polda Metro Jaya atas kasus dugaan penipuan jual beli mobil Rp100 juta. Uya melaporkan selebgram serta pengusaha itu pada 12 Mei 2022 yang teregister dengan nomor LP/B/2306/V/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA.

Sebelumnya, Uya juga mengalami nasib nahas ketika berencana liburan bersama keluarga ke Bali pada 2021. Mereka ditipu oleh salah satu oknum yang mengatasnamakan travel di Bali.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Ivanka Suwandi

Artis sinetron Ikatan Cinta, Ivanka Suwandi, menjadi korban penipuan jual beli properti. Pada 10 Januari 2022, Kasubdit II Direktorat Reskrimum Polda Bali AKBP I Made Witaya menyampaikan, pihaknya masih mendalami siapa saja yang terlibat dalam kasus penipuan jual properti yang dilaporkan Ivanka.

Awalnya, Ivanka membeli bangunan di Kampial, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali pada Februari 1996. Dengan luas 137 meter persegi, harga bangunan tersebut mencapai Rp38.600.000. Pembelian dilakukan dengan cara dan telah dibayar lunas. Pada Februari 1998, kunci diserahterimakan oleh Direktur PT Bali Lysta Karya Utama.

Keluarga Ivanka sempat tinggal di sana selama enam bulan. Namun pada 2018, Ivanka mendapati bangunannya sudah ditempati oleh orang lain. Ivanka pun melaporkan ke Polda Bali pada Februari 2019. Pada 2020, terlapor sudah dimintai keterangan. Namun terlapor dalam keadaan sakit hingga keterangan belum data terlengkapi.

4. Nirina Zubir

Pada November 2021, artis Nirina Zubir menjadi korban penipuan yang dilakukan oleh asisten rumah tangga (ART). Sang ART, Riri Kasmita, diduga telah melakukan pengelapan aset berupa surat tanah. Riri diduga mengganti nama surat tanah menggunakan namanya. Nirina mengatakan, ibunya sempat minta tolong kepada Riri untuk mengurus surat tanah sebelum meninggal dunia. Riri dibantu oleh sang suami. Akibatnya, Nirina mengalami kerugian mencapai Rp17 miliar. Pada Rabu (13/7/2022), polisi telah menetapkan tiga tersangka baru. Sebelumnya polisi telah menetapkan lima tersangka. Para tersangka tersebut menjalani proses persidangan.

Diolah dari berbagai sumber:

Tika Vidya Utami-Litbang MPI

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini