Share

Gagasan dan Pemikiran Bung Hatta Wujudkan Kemandirian Bangsa

Wahab F, Sindonews · Senin 11 Juli 2022 23:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 11 337 2627808 gagasan-dan-pemikiran-bung-hatta-wujudkan-kemandirian-bangsa-lwbpAqlGaA.jpg Bung Hatta/ Foto: gahetna.nl

JAKARTA - Salah satu tokoh bangsa yang dibanggakan oleh masyarakat Indonesia adalah Mohammad Hatta. Bersama dengan Presiden pertama Soekarno, jasa Bung Hatta sangat besar dalam membebaskan Indonesia dari tangan penjajah.

(Baca juga: Pemikiran Proklamator Bangsa Soal Ekonomi Kerakyatan Relevan Diterapkan Saat Ini)

Selain dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) bersama Soekarno, Bung Hatta adalah seorang negarawan dan ekonomi. Di bidang ekonomi, pemikiran dan sumbangsihnya terhadap perkembangan koperasi membuat ia dijuluki sebagai Bapak Koperasi.

ist

(Baca juga: Wagub Ariza Berharap Koperasi Berikan Kontribusi dalam Pertumbuhan Ekonomi)

Oleh karena itu, untuk mengenang jasa Bung Hatta sekaligus menyambut Hari Koperasi Ke 75 pada 12 Juli 2022 Dewan Koperasi Indonesia ( Dekopin) mengadakan serangkaian acara peringatan hari koperasi.

Rangkaian acara tersebut dimulai dengan upacara dan ziarah ke makam Bung Hatta sebagai bapak Koperasi Indonesia di Tanah Kusir pada Selasa, 12 Juli 2022.

Ferry Juliantono, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Dekopin yang juga Ketua Dekopin Provinsi DKI Jakarta menyatakan, kedatangan insan koperasi ke makam Bung Hatta untuk memberi penghormatan terhadap jasa-jasanya.

"Bung Hatta kita berikan penghormatan atas jasa-jasanya pada koperasi Indonesia,"ujar Ferry di Jakarta, Senin (11/7/2022).

Menurut Ferry, gerakan koperasi harus kembali menjadi kekuatan ekonomi rakyat. Untuk memperkuat kembali peran koperasi tentu perlu dukungan semua elemen.

โ€œRakyat kecil lewat koperasi harus berdaya saing untuk pemerataan dan keadilan ekonomi seperti cita-cita Bung Hatta", pungkas Ferry.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sekadar diketahui, acara ke makam Bung Hatta akan dilaksanakan di TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan. Acara tersebut dilaksanakan dengan upacara resmi yang dipimpin Ketua Dewan Penasihat Dewan Pimpinan Nasional Dekopin Jimly Asshiddiqie.

Selain dihadiri oleh insan koperasi dari seluruh Indonesia, akan hadir tokoh-tokoh nasional antara lain mantan Menko Maritim dan Sumber Daya RI Rizal Ramli dan lain sebagainya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini