Share

Tanya Jawab Jenderal Andika dengan Dandim Gemuk Kembali Viral, Penuh Canda Tawa

Tim Okezone, Okezone · Minggu 10 Juli 2022 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 10 337 2626938 tanya-jawab-jenderal-andika-dengan-dandim-gemuk-kembali-viral-penuh-canda-tawa-PXMtNUs40L.jpg Para Dandim TNI AD yang berbadan gemuk berlari saat dipanggil Jenderal Andika yang saat itu menjabat KSAD (Foto : Tangkapan layar video)

VIDEO lama yang menampilkan Jenderal Andika Perkasa saat menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) kembali viral di media sosial. Dalam video itu, Jenderal Andika yang kini mejadi Panglima TNI memanggil sejumlah komandan kodim (dandim) yang berbadan gemuk.

Para dandim itu pun ditanya kenapa mereka bisa gemuk. Untuk diketahui, acara Temu Dandrem-Dandim itu terjadi pada Tahun 2020. Suasana saat Andika memanggil dandim tersebut sangat cair dan tawa.

Seperti dilihat dari akun @bravo.002, Minggu (10/7/2022), salah satu dandim gemuk yang maju adalah Dandim 1715/Yahukimo Letkol Christian FR Ireeuw pun tak lepas dari orang yang dipanggil KSAD karena berat badan. Namun dia menjawab alasan gemuk dengan jenaka.

"Sebenarnya kami kurus. Tapi tidak jaga makan, makanya jadi seperti ini," kata Christian.

"Tapi kami berusaha, Bapak KSAD, untuk kembali bisa normal," katanya.

Andika, yang mendengar alasan Christian, pun tertawa sampai menunduk.

"Christian ini kurus, karena nggak bisa jaga (makan). Sama aja," kata Andika.

Sementara, pengakuan berbeda disampaikan Dandim 0509 Kabupaten Bekasi Letkol Tofan Tri Anggoro pada Jenderal Andika.

"Berat berapa?" tanya Andika.

"95 kilogram," jawab Tofan.

"Kapan mulai gemuk?"

"Mulai lulus SMA,"

"Enggak mungkin," kata Andika sembari tertawa.

Sementara, Dandim lainnya menyebut pernah kurus saat menjadi komandan batalion (danyon). Namun, tubuh berubah setelah keluar dari batalion.

"Kemarin kami sempat kurus ketika jabatan komandan batalion, Bapak KSAD. Setelah danyon, masuk Rindam dan dandim, jadi tambahan karung," ucapnya disambut tawa Andika.

Selain itu, ada pula yang menyebut baru mulai gemuk pada pertengahan 2020. Dia menyebut, kondisi badannya cepat naik dan cepat turun.

"Kami mulai gemuk dari Juni 2020," katanya.

"Baru tahun ini. Langsung lebar. Lebar sini (pinggang). Kenapa tuh?" tanya Andika.

Dandim tersebut menjawab, "Kami memang cepat naik, cepat turun," katanya.

Setelah tanya-jawab dengan para dandim-dandim gemuk, Jenderal Andika mengaku khawatir terhadap kondisi anggota TNI AD yang memiliki berat badan berlebih. Menurutnya, kondisi itu tidak ideal bagi yang rentan terkena penyakit.

Andika pun meminta anggota TNI AD menjaga pola makan sehingga bisa menjaga berat badannya dan tetap sehat.

"Intinya, kita harus lebih scientific, kita juga harus punya tekad keras mengukur diri. Nggak boleh biarkan, 'Alah besoklah, sekarang makan dulu.' Kuncinya adalah bagaimana kita mengendalikan makan," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini