Share

Prakiraan Cuaca Saat Idul Adha 1443 Hijriah, Sebagian Wilayah Indonesia Hujan

Binti Mufarida, Sindonews · Minggu 10 Juli 2022 03:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 10 337 2626805 prakiraan-cuaca-saat-idul-adha-1443-hijriah-sebagian-wilayah-indonesia-hujan-TaNSyivTUC.jpg Ilustrasi/ Doc: BMKG

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan prakiraan cuaca pada saat perayaan Idul Adha 1443 Hijriah di seluruh wilayah Indonesia pada Minggu (10/7/2022).

BMKG memantau adanya wilayah konvergensi atau yang biasa disebut wilayah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin yang memanjang di sekitar wilayah Samudera Hindia, selatan Pulau Jawa, perairan selatan Kalimantan Selatan, dari laut Maluku dan juga dari Papua hingga Papua Barat.

 BACA JUGA:Khotbah Salat Idul Adha 1443 H di JIS Mengangkat Tema Kurban Cinta Allah, Cinta Sesama

“Hal tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan awan-awan hujan yang cukup signifikan di wilayah sekitar,” ungkap Prakirawan BMKG, Yuni Maharani lewat YouTube resmi BMKG.

Untuk wilayah Pulau Sumatera diprediksi berawan terdapat di wilayah Medan. Adanya potensi hujan ringan terdapat di wilayah Banda Aceh, Pekanbaru, Tanjung Pinang dan Pangkal Pinang.

 BACA JUGA:Ucapkan Selamat Idul Adha 2022, Menag: Mari Kita Rayakan dengan Gembira

Sementara diprediksi cerah berawan hingga berawan terdapat di wilayah Padang, Palembang, Bandar Lampung dan juga Bengkulu. “Kecuali untuk wilayah Jambi esok hari diprediksi berkabut,” ungkap Yuni.

Kemudian di Pulau Jawa, umumnya cerah berawan hingga berawan, namun adanya potensi hujan ringan terdapat di wilayah Bandung.

Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara diprediksi berawan di wilayah Kupang dan juga Mataram. Dan adanya potensi hujan ringan terdapat di wilayah Denpasar.

Di pulau Kalimantan, diprediksi untuk wilayah Pontianak yaitu Berawan tebal. Sedangkan adanya potensi hujan ringan terdapat di wilayah Palangkaraya, Samarinda, Banjarmasin dan juga Tanjung Selor.

 BACA JUGA:Merangsek Masuk, Massa Bakar Rumah PM Sri Lanka yang Ditinggal Kabur

Untuk wilayah Sulawesi, diprediksi berawan hingga berawan tebal terdapat di wilayah Palu dan juga Kendari. Adanya potensi hujan ringan terdapat di wilayah Gorontalo, Manado, dan juga Makassar. Dan adanya hujan sedang terdapat di wilayah Mamuju.

Dan di Indonesia bagian timur esok hari diprediksi hujan ringan yang terdapat di wilayah Jayapura. Hujan sedang terdapat di wilayah Ambon dan juga Ternate.

“Dan perlu diwaspadai adanya potensi hujan petir terdapat di wilayah Manokwari,” papar Yuni.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini