Share

Kapolri Pastikan Polri Junjung Tinggi HAM

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 05 Juli 2022 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 05 337 2623873 kapolri-pastikan-polri-junjung-tinggi-ham-zcf6Ta9Nc3.jpg Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (tangkapan layar Humas Polri)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan Polri selalu mengedepankan pendekatan ultimum remedium atau upaya terakhir dalam penegakan hukum untuk memberikan rasa keadilan bagi masyarakat.

Sigit menekankan, dalam tugas pokok memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, Polri mengedepankan upaya pencegahan sesuai dengan pola pemolisian prediktif.

"Penegakan hukum dilakukan dengan prinsip-prinsip keadilan restoratif terhadap hal-hal yang mencederai rasa keadilan masyarakat kecil dan pencari keadilan," kata Sigit saat menyampaikan sambutan di Upacara HUT ke-76 Bhayangkara di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022).

Meski begitu, Kapolri menekankan, kepolisian tidak akan menoleransi setiap bentuk kejahatan yang berpotensi dapat memecah belah Bangsa Indonesia.

Sigit menyebut, tidak akan segan dalam memberikan penegakan hukum bagi siapapun yang merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

"Namun, kita juga tidak ragu-ragu terhadap kejahatan yang meresahkan dan merugikan masyarakat, pemecah belah kesatuan dan persatuan dan tetap melakukan penegakan hukum dengan tegas," ujar Sigit.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Mantan Kabareskrim ini mengingatkan kepada seluruh personel kepolisian untuk tetap menghormati dan menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM) dalam segala tindakan.

"Sebagai ultimatum remedium dengan berpedoman pada keadilan, kemanfaatan hukum serta menjunjung tinggi HAM," tutur Sigit.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini