Share

Pengamat Berharap Partai Perindo Menjadi yang Terdepan Mengkampanyekan Politik Sehat dan Cerdas

Tim Okezone, Okezone · Senin 04 Juli 2022 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 337 2623202 pengamat-berharap-partai-perindo-menjadi-yang-terdepan-mengkampanyekan-politik-sehat-dan-cerdas-7eQvdNLvzc.jpg Pengamat politik Surokim Abdul Salam/dok pribadi

JAKARTA - Pengamat politik Surokim Abdus Salam berharap Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menjadi partai yang terdepan dalam mengkampanyekan politik sehat dan cerdas.

(Baca juga: Partai Perindo Harap Penerapan Restorative Justice Kasus Narkoba Dilakukan Hati-Hati)

"Saya berharap Partai Perindo bisa menjadi partai terdepan di dalam mengkampanyekan politik sehat, cerdas dan damai," kata Surokim dalam keterangannya, Senin (4/7/2022).

Partai Perindo pun harus menjadi parpol yang mampu mereduksi dan meminimalisasi isu-isu hoax serta ujaran kebencian yang berkembang di masyarakat.

"Mampu meminimalisasi politik identitas sebagai barang dagangan dalam politik dan lebih banyak mengembangkan narasi-narasi kebangsaan dalam politik," ungkapnya.

Ia menjelaskan agenda strategis bagi parpol dalam konteks ini adalah dengan terus membangun trust publik melalui politik kemaslahatan.

Tentunya, dengan membangun narasi-narasi positif kebangsaan dan kemasyarakatan.

Artinya, politik harus lebih banyak didorong menjadi politik insaniah dan politik robbaniyah untuk minimalisasi hoax dan ujaran kebencian Pemilu 2024.

"Politik hoax, kebencian, dan konfliktual hanya bisa tumbuh dan berkembang dalam konteks politik," ujar pengajar dari Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur ini.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Sementara politik insaniah dan robbaniyah potensial akan melahirkan energi positif, mengembangkan tenggang rasa, toleran, respek, solider, dan adanya ruang menghargai liyan.

"Saya pikir modal sosial ini harus bisa dijaga semua anak bangsa, sehingga politik kita bisa meningkat marwahnya dan menjadi medium perjuangan yang hakiki," tegas Surokim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini