Share

Idul Adha di Tengah Lonjakan Kasus Harian Covid-19, Ini Imbauan Tegas Pemerintah

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 04 Juli 2022 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 337 2623173 idul-adha-di-tengah-lonjakan-kasus-harian-covid-19-ini-imbauan-tegas-pemerintah-Rdear2ZqqM.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Pemerintah mengeluarkan imbauan agar Idul Adha yang jatuh pada 10 Juli mendatang tetap aman dari Covid-19. Pasalnya, perayaan hari Idul Adha 1443 Hijriah saat ini masih berada di tengah pandemi Covid-19.

(Baca juga: Penetapan Idul Adha Muhammadiyah-Pemerintah Bisa Berbeda hingga 2046, Kok Bisa?)

“Untuk Idul Adha, sekarang itu karena memang momentum pergerakan ekonomi lagi jalan, pak (Menko) Airlangga lagi semangat, dan kita lihat kasusnya masih terkendali," ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat Konferensi Pers secara virtual, Senin (4/7/2022).

"Pesannya sama seperti ke masyarakat tadi tetap kebijakan maskernya kalau di dalam ruangan dipakai, kalau di luar boleh dibuka asal kalau kerumunan atau sakit dipakai. Kemudian, cepat booster,” sambung Menkes.

Dengan menjalankan semua imbauan pemerintah tersebut, Menkes mengatakan perayaan Idul Adha akan berlangsung normal seperti saat perayaan Idul Adha pada bulan Mei lalu.

“Insya Allah itu respons yang cukup untuk menghadapi Idul Adha dengan normal karena sama seperti Idul Fitri, alhamdulillah bisa kita lewati dengan normal,” ungkapnya.

Saat ini kata dia, Indonesia relatif jauh lebih baik dengan populasi yang sangat banyak menghadapi gelombang BA.4 BA.5 yang menyebabkan kenaikan kasus Covid-19.

“Karena relatif para masyarakat Indonesia itu lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan juga dalam melaksanakan vaksinasi,”ucapnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Dia berpesan agar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah yaitu tetap menggunakan masker kalau di dalam ruangan, kalau ada kerumunan atau kondisi badan kita tidak sehat, dan kita bebas menggunakan masker kalau di ruangan terbuka itu memang secara konsisten kita jalankan.

“Juga yang perlu disampaikan ke masyarakat agar vaksinasi booster yang memang terbukti bisa meningkatkan kadar antibodi yang ada di tubuh itu terus diperbanyak vaksinasinya,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini