Share

Menkes: 81% Kasus Covid-19 di Indonesia Merupakan Varian BA.4 dan BA.5

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 04 Juli 2022 11:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 337 2623136 menkes-81-kasus-covid-19-di-indonesia-merupakan-varian-ba-4-dan-ba-5-lYvP16VsMT.jpeg Illustrasi (foto: freepick)

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menegaskan saat ini 81% semua kasus Covid-19 di Indonesia merupakan varian BA.4 dan BA.5 yang merupakan sub varian Omicron.

“Saya jelaskan bahwa 81 persen semua kasus di Indonesia sudah BA.4 BA.5. Jadi bukan hanya di Jakarta saja. Jakarta itu sudah 100 persen BA.4 BA.5,” tegas Menkes saat Konferensi Pers secara virtual, Senin (4/7/2022).

 BACA JUGA:Menko Airlangga Tegaskan Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

Sementara itu, Menkes mengungkapkan penyebab terjadinya kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi hampir di seluruh negara di dunia.

“Tadi di hasil rapat saya meneruskan penjelasan dari Pak Menko, kami meneliti mengenai kenaikan kasus yang terjadi hampir di seluruh dunia, baik itu negara Eropa, negara Amerika maupun negara-negara di Asia,” tuturnya.

 BACA JUGA:Turun 285, Kasus Aktif Covid-19 di Jakarta Sebanyak 9.078 Orang

“Hasil diskusi dengan para epidemiologi itu disebabkan karena kekurangan waspadaan dari beberapa negara dan terlalu terburu-buru mengendurkan protokol kesehatan maupun vaksinasi,” katanya.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Menkes mengatakan Indonesia relatif jauh lebih baik dengan populasi yang sangat banyak menghadapi gelombang BA.4 BA.5 ini karena relatif para masyarakat Indonesia itu lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan juga dalam melaksanakan vaksinasi.

“Oleh karena itu pesan pertama yang perlu kita lakukan adalah bahwa agar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah yaitu tetap menggunakan masker kalau di dalam ruangan, kalau ada kerumunan atau kondisi badan kita tidak sehat, dan kita bebas menggunakan masker kalau di ruangan terbuka itu memang secara konsisten kita jalankan,” ungkap Menkes.

Selain itu, Menkes meminta agar masyarakat melakukan vaksinasi booster yang memang terbukti bisa meningkatkan kadar antibodi yang ada di tubuh. “Itu terus diperbanyak vaksinasinya,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini