Share

3 Kecelakaan Pesawat Tanpa Korban Jiwa, Susi Air Salah Satunya

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 04 Juli 2022 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 337 2622770 3-kecelakaan-pesawat-tanpa-korban-jiwa-susi-air-salah-satunya-6KeGVVYUsY.jpg Pesawat Susi Air (Foto : Planespotters)

SALAH satu kecelakaan transportasi yang cukup sering terjadi dengan banyak korban jiwa adalah pesawat. Tidak hanya jatuh di darat, kecelakaan pesawat di Indonesia pernah terjadi di laut lepas yang menyebabkan sulitnya tim penyelamat menemukan korban jiwa.

Namun, tidak semua kecelakaan pesawat terbang menyebabkan korban tewas.

Berikut adalah 3 kecelakaan pesawat yang tidak menimbulkan korban jiwa.

1. Susi Air (Juni 2022)

Sebuah maskapai penerbangan milik mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang bernama Susi Air mengalami kecelakaan pada Kamis, 23 Juni 2022. Kecelakaan pesawat dengan rute Timika-Duma ini diinformasikan langsung oleh Susi melalui akun Twitter pribadinya.

Pesawat yang mengalami kecelakaan berjenis Pilatus Porter PK BVM Dayle Peter Houzet dan mengangkut 6 penumpang beserta seorang pilot. Evakuasi langsung dilakukan dan seluruh penumpang beserta awak dinyatakan selamat.

Akan tetapi, 3 penumpang dan pilot bernama Doyle Peter mengalami patah tulang. Sementara, sisanya mengalami luka. Meskipun tidak ada korban jiwa, namun kondisi pesawat mengalami rusak berat.

2. Pilatus PC-12 (Januari 2021)

Masyarakat di wilayah Jefferson Park, Chicago, Amerika Serikat (AS) dikejutkan dengan jatuhnya sebuah roda dari pesawat bermesin tunggal pada 25 Januari 2021. Berbagai sumber menyebut, roda ini merupakan milik pesawat Pilatus PC-12 yang mendarat di Oโ€™Hare.

Tidak ada korban jiwa yang timbul dalam insiden ini. Penerbangan pesawat tersebut dilakukan dari Ironwood, Michigan dengan 7 orang penumpang dan awak. Setelah berhasil mendarat, seluruh penumpang dan awak pesawat dievakuasi ke dalam bandara.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

3. Pesawat KT-1B Wong Bee (Desember 2020)

Pesawat KT-1B Wong Bee milik TNI AU mengalami kecelakaan dan jatuh di Yogyakarta pada 7 Desember 2020. Pesawat latih itu dipiloti Mayor Pnb Sekti Ambarwati (instruktur penerbang) dan seorang siswa penerbang bernama Letda Adm Krisna Nugraha. Kedua pilot dikabarkan selamat, meskipun pesawat mengalami rusak parah atau total lost.

Kecelakaan terjadi pada 12.50 WIB siang ketika pesawat hendak melakukan pendaratan di ujung barat landasan pacu 09, Lanud Adi Sutjipto. Kecelakaan pesawat di tanah kosong itu tidak menimbulkan korban jiwa, baik dari pihak TNI AU maupun warga sekitar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini