Share

Cegah Stunting, Menko PMK Dorong Konsumsi Ikan Laut

Binti Mufarida, Sindonews · Minggu 03 Juli 2022 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 337 2622769 cegah-stunting-menko-pmk-dorong-konsumsi-ikan-laut-TP3UWXpuQC.jpg Menko PMK Muhadjir Effendy/ Foto: MPI

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendorong orang tua untuk membiasakan anak-anak mengkonsumsi makanan bergizi seperti ikan laut untuk mencegah stunting.

 BACA JUGA:Hasil Final Malaysia Open 2022: Ratchanok Intanon Juara Usai Libas Chen Yufei

“Mendorong (orang tua) membiasakan anak-anak untuk makan ikan. Baik cakalang, teri, kakap, tuna. Yang penting makan ikan laut. Karena itu mengandung asam folat yang tinggi. Asam folat itu sangat penting untuk pertumbuhan otak,” ujar Muhadjir dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (3/7/2022).

Muhadjir dalam kesempatan menengok balita rentan stunting di Desa Guluk-guluk, Kecamatan Guluk-guluk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur kemarin mendapati si anak lebih suka makan makanan ringan kemasan. Hal itu katanya tidak baik untuk dikonsumsi jangka panjang karena tidak bergizi dan banyak bahan kimia.

“Orang tua anak ini sudah saya sarankan jangan membiasakan anaknya makan snack olahan yang dibungkus bagus-bagus sebetulnya kemasannya isinya tidak bagus. Karena di situ mengandung zat kimia yang tidak bagus untuk anak,” jelasnya.

 BACA JUGA:Kabar Baik, Tingkat Kesembuhan Covid-19 Hari Ini Bertambah 1.606 orang

Muhadjir mengatakan Kabupaten Sumenep memiliki kekayaan alam dan kekayaan laut yang luar biasa yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah stunting pada anak. Namun, menurutnya, kesalahan yang menyebabkan stunting tinggi adalah kesalahan pola makan pada anak.

Karenanya, dia menyarankan agar orang tua lebih memberikan anak-anak makanan bergizi yang ada di alam Pulau Madura dan Kabupaten Sumenep. “Kabupaten sumenep ini untuk ketersediaan bahan pangan saya kira sudah cukup. Cuma mungkin pola makannya yang harus dibenahi,” ujar Muhadjir.

Muhadjir berharap, angka stunting di Kabupaten Sumenep bisa segera turun dan hingga sesuai dengan target nasional.

 BACA JUGA:Dihadapan Dekan dan Akademisi, Menhan Prabowo Tekankan Pentingnya Ketahanan Nasional

“Jadi di sini masih di atas rata-rata nasional. Harus kerja keras untuk capai 14 persen sesuai target nasional,” pesannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini