Share

Rusia Masih Gempur Ukraina, Yenny Wahid: Misi Jokowi Tak Bisa Disebut Gagal

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Minggu 03 Juli 2022 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 337 2622661 rusia-masih-gempur-ukraina-yenny-wahid-misi-jokowi-tak-bisa-disebut-gagal-cI8WkZC93f.jpg Yenny Wahid/ Foto: Instagram

JAKARTA - Rusia masih menggempur Ukraina. Yenny Wahid menyebut misi perdamaian yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada dua negara itu tidak bisa dibilang gagal.

"Misi kunjungan presiden Jokowi ke Ukraina-Rusia tidak bisa ditafsirkan gagal hanya karena Putin tetap melakukan serangan ke Ukraina," cuit Yenny dalam laman Twitter @yennywahid dikutip, Minggu (3/7/2022).

 BACA JUGA:Eks Ajudan Disebut Wafat di Hari yang Sama dengan Tjahjo Kumolo, Ini Respons Kemenpan RB

Jebolan S2 Harvard Kennedy School of Government menambahkan ada target lain dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Di antaranya mengamankan rantai pasokan bahan pangan.

"Dalam pengamatan saya, banyak sasaran lain yang ingin dicapai oleh Presiden selain menghentikan konflik bersenjata, yang tidak kalah pentingnya, misalnya: mengamankan rantai pasokan bahan makanan dan energi," ucapnya.

 BACA JUGA:Perang Ukraina-Rusia Memanas, Presiden Belarusia Bilang Wilayahnya Ikut Diserang

Yenny blak-blakan bahwa Indonesia negara salah satu pengimpor terbesar tepung gandum. Hal itu tak terlepas kegemaran warga Indonesia mengkonsumsi mie instan.

"Indonesia adalah salah satu pengimpor terbesar tepung gandum karena rakyat kita doyan makan mie instan," ujarnya.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

"Nah Presiden Jokowi memperjuangkan agar pasokan gandum dari Ukraina bisa keluar ke pasar bebas termasuk ke Indonesia, agar tidak terjadi kenaikan harga bahan makanan seperti kasus minyak goreng," tambahnya.

Tak hanya mengamankan pasokana rantai bahan pangan. Menurut Yenny misi Jokowi datang ke Ukraina dan Rusia juga mengamankan pasokan pupuk yang dapat terdampak ke petani di Indonesia.

 BACA JUGA:Harga Cabai Rp120. 000/Kg, Pedagang: Per Biji Rp600

"Termasuk juga pasokan pupuk dari Rusia dan Ukraina, karena ini akan berakibat pada nasib petani," jelasnya.

Lebih lanjut, Yenny mengajak masyarakat untuk turut bangga atas misi Jokowi ke Ukraina dan Rusia. Sebab itu salah satu terobosan dari Jokowi.

"Tidak banyak orang bisa diterima dua belah pihak, karenanya kita musti berbangga Presiden kita mampu melakukan terobosan itu," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini