Share

Prabowo Subianto Tegaskan Sekaya Apapun Negara Tak Ada Artinya Tanpa Pertahanan Kuat

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 02 Juli 2022 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 337 2622453 prabowo-subianto-tegaskan-sekaya-apapun-negara-tak-ada-artinya-tanpa-pertahanan-kuat-eyxEM5JPDJ.jpeg Menhan Prabowo Subianto. (Dok Kemenhan)

JAKARTA - Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto memaparkan pentingnya pertahanan suatu negara saat hadir dalam rembug nasional dan rapat pleno pusat pengurus Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) di Nusa Dua Bali pada Sabtu (2/7/2022) siang.

Kegiatan diikuti para guru besar, pengurus perguruan tinggi swasta di seluruh Indonesia dan juga perwakilan mahasiswa.

Prabowo menegaskan, keunggulan apapun tak akan berarti tanpa pertahanan. Meskipun suatu negara kaya maka akan bisa diambil oleh negara lain.

‚ÄúTanpa pertahanan yang lain tidak ada artinya. Kenapa? Katakanlah kita kaya dan memang kita semua bangsa akui kita kaya. Tapi kalau tidak ada pertahanan, kekayaan kita akan diambil bangsa-bangsa lain, ini sejarah ratusan tahun, ini bukan sejarah 5-10 tahun tapi ratusan tahun,‚ÄĚ ucap Prabowo.

Prabowo mencontohkan Amerika Serikat yang mengganggarkan 50 persen dari APBN untuk pertahanan. Begitu juga dengan Singapura yang menganggarkan 30 persen dari GDP.

Baca juga: Prabowo Subianto Hadiri Rembug Nasional APTISI, Paparkan Pentingnya Swasembada Pangan

‚ÄúDi mana-mana saya pasti meyampaikan satu dua adagium, di negara maju mereka menganggap pertahanan sangat penting. AS anggaran pertahanan mendekati 50 persen dari APBN, kadang-kadang lebih. Anggaran itu lebih besar dari 3, 4, 5 negara lain digabung jadi satu,‚ÄĚ ucapnya.

Prabowo yang paham dengan masalah bangsa dan memiliki solusinya. Salah satu upaya yang ia lakukan untuk meningkatkan kualitas pertahanan indonesia yakni membangun sumber daya manusia melalui dunia pendidikan. Seperti membangun prodi sarjana di Universitas Pertahanan.

Upaya ini juga wujud bahwa Prabowo yang peduli dengan pendidikan anak-anak Indonesia. Sejalan dengan itu, Prabowo juga menjabarkan agar Indonesia harus memperkuat swasembada pangan, seperti menanam gandum di Indonesia.

Selain mewujudkan swasembada pangan, terobosan ini ia harap dapat membuka lapangan pekerjaan. Untuk itu ia mengajak semua pihak utamanya generasi muda untuk peduli dengan pertahanan dan swasembada pangan.

Prabowo mengapresiasi ide APTISI yang menghadirkan edukasi pertahanan dalam kegiatan tersebut. Dia berharap pemaparannya dapat memberi wawasan kepada insan pendidik dan mahasiswa dalam memahami pentingnya pertahanan negara.

Pemaparan yang menarik dan penuh keakraban membuat hadirin menyimak dengan seksama. Beberapa dari mereka memotret materi yang disampaikan Prabowo. Pada akhir acara, Prabowo dan pengurus APTISI saling memberikan cinderamata. (qlh)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini