Share

Pemimpin Negara yang Berkunjung ke Indonesia di Era Joko Widodo, Ada Raja Salman

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 03 Juli 2022 05:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 337 2622337 pemimpin-negara-yang-berkunjung-ke-indonesia-di-era-joko-widodo-ada-raja-salman-ERAJWX9CAK.jpg

Indonesia sebagai negara yang menjunjung tinggi persahabatan kerap dikunjungi oleh sejumlah petinggi negara lain.

Agendanya bermacam, di antaranya membicarakan kerja sama bilateral dan diselingi obrolan ringan. Berikut daftar pemimpin negara yang pernah melakukan kunjungan langsung ke Presiden Jokowi di Indonesia.

PM Australia Anthony Albanese

Tidak lama setelah dilantik, Anthony Albanese sebagai PM Australia yang baru bertandang ke Istana Bogor, pada Senin (6/6/2022). Di sana, ia menjadi tamu negara dan disambut oleh Presiden Joko Widodo.

Kedua pimpinan negara membahas hubungan bilateral dan isu global. Lebih tepatnya terkait perluasan ekspor mobil utuh (completely built up/CBU), kesempatan lebih WNI (Warga Negara Indonesia) untuk bekerja di Australia, kerja sama di bidang pendidikan dan kesehatan, keberlanjutan rantai pasok pangan, hingga membicarakan perang Rusia-Ukraina.

PM Anthony Albanese juga menjanjikan hubungan Australia dan Indonesia akan lebih kuat lagi. Ia juga berkata Indonesia merupakan mitra penting bagi Australia karena akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

PM Malaysia Muhyiddin Yassin

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin sempat mengunjungi Presiden Jokowi pada tahun 2021 lalu. Presiden Jokowi menyambut langsung kedatangan tamu negara tersebut di Istana Merdeka pada Jumat (5/1/2021).

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas dua isu utama, yaitu terkait isu kawasan dan global serta pembahasan isu perlindungan WNI yang tinggal di Malaysia.

Uniknya ketika menuju ke Istana Merdeka, PM Muhyiddin Yassin tidak melalui Jalan Medan Merdeka, melainkan mengitari area Monas (Monumen Nasional). Rombongan PM Muhyiddin Yassin pun disambut secara meriah dengan tarian dan alunan musik tradisional Indonesia, serta pasukan yang mengenakan pakaian adat.

Raja Swedia Carl XVI dan Ratu Silvia

Orang nomor satu di Swedia ini sempat menjadi tamu negara di Instana Bogor pada Senin (22/05/2017) lalu. Raja Carl XVI didampingi Ratu Silvia melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia langsung dan disambut oleh Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Terdapat sejumlah agenda dalam pertemuan tersebut, salah satunya adalah menanam pohon ulin atau kayu besi di halaman belakang sayap kiri Istana Bogor. Presiden Jokowi memilih pohon ulin karena sifatnya yang kuat, dan hal ini berhubungan dengan filosofis hubungan kedua negara yang diharapkan bisa semakin kuat dan erat layaknya pohon ulin.

Diketahui, kedua pemimpin negara ini memang memiliki ketertarikan pribadi terhadap lingkungan sehingga memasukkan agenda tanam pohon ke dalam kunjungan kenegaraan tersebut.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud

Raja Salman juga pernah mengunjungi Presiden Jokowi secara langsung ke Indonesia, tepatnya ke Istana Bogor pada Rabu (1/3/2017). Kedatangan Raja Salman pada tahun itu merupakan kali pertama sejak 47 tahun silam.

Untuk menyambut kedatangan rombongan Raja Salman, puluhan kijang sengaja dilepas oleh pihak istana. Selain itu, ribuan pelajar dari seluruh Kota Bogor juga ikut menyambut pihak Arab Saudi, namun terhalang karena hujan lebat mengguyur Bogor sebelum rombongan kenegaraan datang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini