Share

Deretan Kenangan tentang Tjahjo Kumolo Sebagai Tokoh Bangsa

Rizky Syahrial, MNC Media · Sabtu 02 Juli 2022 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 337 2622183 deretan-kenangan-tentang-tjahjo-kumolo-sebagai-tokoh-bangsa-7a05yqWpHc.jpg Tjahjo Kumolo semasa hidup (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Sejumlah pejabat negara hadir dalam penghormatan terakhir Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo yang wafat pada Jumat 1 Juni 2022. 

Salah satu yang hadir pada rumah duka almarhum, Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan sangat kehilangan tokoh bangsa yang konsen terhadap reformasi pada Institusi Polri.

"Beliau adalah salah satu tokoh yang konsen terhadap perbaikan reformasi di institusi Polri. Tentunya kami merasa sangat kehilangan," ujar Kapolri di Rumah Duka Tjahjo Kumolo Jalan Widya Chandra IV Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

 

Kapolri juga mengenang, semangat almarhum dalam memperbaiki reformasi birokrasi. Tentunya ia mengimbau semangat tersebut harus diperjuangkan.

"Semangat beliau dalam memperbaiki reformasi birokrasi, tentunya akan terus kira lanjutkan," sambungnya.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto juga turut hadir di rumah duka. Ia menganggap almarhum sebagai seorang mentor saat bersama dalam partai.

"Almarhum Pak Tjahjo sebelum di PDIP, pernah di Partai Golkar menjadi salah satu mentor pajak orang termasuk saya. Selama di kabinet, kami cukup dekat dan saling bertukar informasi dan juga tentu sangat membantu di dalam proses terkait dengan perubahan atau perputaran di ASN," jelas Airlangga.

Menko Bidang Perekonomian itu mengingat, almarhum merupakan sosok yang peduli dalam segi pemerintahan maupun politik di Indonesia.

"Saya sangat kehilangan dan secara rutin almarhum Pak Tjahjo itu sering memberikan data-data dan masukan baik tentang kepemerintahan maupun politik," tuturnya.

Selain itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menilai, Mendiang Tjahjo Kumolo sebagai seorang yang murah hati kepada rekannya.

"Saya pikir beliau ini adalah orang yang sangat menolong, terutama pada rekan sepekerjaan," pungkas Budi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini