Share

Keinginan Tjahjo Kumolo Diungkap Sang Istri: Bapak Ingin Meninggal Dalam Tugas

Muhammad Farhan, MNC Portal · Jum'at 01 Juli 2022 20:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 337 2622114 keinginan-tjahjo-kumolo-diungkap-sang-istri-bapak-ingin-meninggal-dalam-tugas-R6h2m2HGHD.jpg Keluarga besar Tjhajo Kumolo saat pemakaman (foto: MPI/Farhan)

JAKARTA - Duka mendalam dari Istri mendiang Tjahjo Kumolo, Erni Guntarti mengisahkan pesan-pesan suaminya yang seorang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN/RB). Erni menyampaikan pesan Tjahjo yang ingin wafat dalam dalam masa tugasnya.

"Sebenarnya beliau tidak ada pesan yang disampaikan, hanya yang saya ingat bapak ingin meninggal dalam tugas," ujar Erni kepada wartawan selepas pemakaman mendiang suaminya di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jumat (1/7/2022).

 BACA JUGA:Ganjar Pranowo : Tjahjo Kumolo Organisatoris yang Hebat

Erni mengenang mendiang Tjahjo sebagai seorang yang sederhana dan tidak melarang dirinya untuk berkarir dalam dunia kesehatan yang digelutinya.

“Bapak sih selalu mendukung apapun yang saya kerjakan. Karena apa yang saya kerjakan, sebagai dokter waktu itu di klinik DPR, bapak gak pernah melarang saya yang saya kerjakan. Jadi gak harus di rumah,” ulas Erni mengenan kiprah Tjahjo sebagai kepala rumah tangga.

 BACA JUGA:Mengenang Tjahjo Kumolo, AHY: Saat Saya Terpilih Jadi Ketum Demokrat Beliau Berikan Support

Erni juga mengungkapkan, kebiasaan suaminya menjelang waktu-waktu sebelum dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo. Ia mengaku mantan Sekjen PDIP itu rajin melaksanakan Salat malam dan gemar mendengarkan lantunan ayat suci Alquran.

"Kebiasaan baru bapak yang saya tahu itu kalau bangun tengah malam, bapak salat tahajud dan mendengarkan alunan ayat suci sampe pagi. Itu terakhir yang saya ingat," jelas Erni.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Terkait perasaannya saat ditinggal kepergian Suaminya, Erni mengaku merasakan duka yang mendalam lantaran Tjahjo merupakan sahabatnya dari semasa belia.

"Saya dengan bapak sudah kenal lama sekali, soalnya kami teman sejak sekolah dari SMP, SMA, kuliah dan sudah dekat sekali, sudah lama kenal, pokoknya ketika itu ya hidup apa adanya," terang Erni.

Diketahui, Tjahjo wafat di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat pada sekira pukul 11.00 WIB siang. Jenazah Tjahjo Kumolo telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Jumat (1/7/2022) sekira pukul 17.59 WIB.

Tjahjo dimakamkan dengan upacara penghormatan militer, dengan letupan salvo sesaat sebelum jenazahnya dikebumikan. Prosesi upacara pemakaman dipimpin langsung oleh Mensesneg, Pratikno dan dihadiri sejumlah pejabat Parlemen, Kementerian dan Lembaga seperti Puan Maharini, Tri Risma maharini, AM Hendropriyono, Ganjar Pranowo, Penny Lukito, Boy Rafli Amar, Budi Karya Sumadi, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Andi Widjajanto, Surya Paloh, Jhonny Plate, Yasin Limpo dan Bahlil Lahadalia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini