Share

Maksimalkan Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Siapkan Pelatihan Investigasi

Felldy Utama, iNews · Jum'at 01 Juli 2022 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 337 2622090 maksimalkan-pengawasan-pemilu-2024-bawaslu-siapkan-pelatihan-investigasi-BLJBRwb8lh.jpg Anggota Bawaslu Puadi. (MNC Portal/Felldy Utama)

JAKARTA - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Puadi menyampaikan lembaganya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Salah satu meningkatkan pengawasan personel terhadap pada penyelenggaraan Pemilu 2024.

Puadi menyampaikan, sejumlah pelatihan terus dilakukan kepada jajarannya yang bertindak sebagai pengawas di lapangan. Pelatihan ini diharapkan agar mereka lebih handal lagi selama bekerja.

"Jadi sekarang kita sedang menyiapkan adanya pelatihan, salah satunya pelatihan investigasi," kata Puadi dalam audiensi Bawaslu bersama MNC Group di iNews Tower, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Menurutnya, pelatihan investigasi ini sangat penting. Hal itu mengingat, fungsi pengawasan dalam mencegah adanya pelanggaran di Pemilu 2024 bisa bekerja secara maksimal.

Mengingat, pengawasan dalam institusi Bawaslu itu dilakukan dengan dua cara, yakni laporan masyarakat dan temuan. Investigasi ini diharapkan memperkuat aspek temuan.

"Jadi kalau temuan itu pengawasan aktif dari pengawas pemilu. Ada informasi awal di sana ada politik uang, kemudian kita telusuri, kita dalami dijadikan sebuah temuan gitu. Lain halnya dengan laporan masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(erh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini