Share

KSAL Yudo: Lanal Balikpapan Akan Diubah Jadi Lantamal untuk Pertebal Keamanan IKN Nusantara

Riezky Maulana, iNews · Sabtu 02 Juli 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 337 2622053 ksal-yudo-lanal-balikpapan-akan-diubah-jadi-lantamal-untuk-pertebal-keamanan-ikn-nusantara-iTNjy45Yh8.jpg Foto: Puspen AL

JAKARTA – Guna memperkuat kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, TNI AL berencana menjadikan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan, Kalimantan Timur, menjadi Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal).

"Pembangunan tersebut akan masuk dalam perencanaan tahun 2023," jelas Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam kunjungannya ke Balikpapan, Rabu (29/6/2022).

Menurut Yudo, rencana pembangunan itu sesuai dengan pertimbangan strategis bahwa fungsi Lantamal di Balikpapan nantinya sebagai pengamanan calon Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Yudo juga mengatakan bahwa dirinya berkomitmen menyediakan sarana dan prasarana memadai, baik untuk prajurit maupun operasional organisasi di seluruh jajaran TNI AL.

"TNI AL akan terus memperbaiki dan mengembangkan fasilitas pangkalan dan membangun kekuatan untuk menjawab tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks," tuturnya.

Saat ini Lanal Balikpapan berada di bawah Lantamal XIII Tarakan. Kedua satuan ini merupakan berada di kendali Komando Armada (Koarmada) II yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur.

BACA JUGA: Keamanan IKN Nusantara Dipertebal, TNI AL Bakal Ubah Lanal Balikpapan jadi Lantamal

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini