Share

Sebelum Wafat Tjahjo Kumolo Sempat Menginisiasi Pertemuan Penting, Tapi Tak Dihadirinya

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 01 Juli 2022 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 337 2621978 sebelum-wafat-tjahjo-kumolo-sempat-menginisiasi-pertemuan-penting-tapi-tak-dihadirinya-mPU3qQrTXQ.jpg Tjahjo Kumolo meninggal dunia. (Foto: Antara)

JAKARTA - Sebelum meninggal dunia, Tjahjo Kumolo sempat menginisiasi pertemuan penting. Tetapi sayangnya pada saat hari H, Tjahjo Kumolo tidak menghadirinya

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin saat menghadiri salat jenazah di ujar Wapres di Masjid Quba, Gedung Kemenpan RB, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Kiprah Tjahjo Kumolo semasa menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendapat apresiasi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Salah satunya apresiasi saat Tjahjo menginisiasi pertemuan para menteri, gubernur, wali kota juga pihak swasta untuk melakukan percepatan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP).

 

"Saya datang ke sini (ke gedung Kemenpan RB) Selasa lalu. Itu adalah inisiasi beliau. Tetapi beliau tidak ada karena sudah sakit," kata Wapres mengenang kinerja Tjahjo.

Pada hari penting yang diinisiasi oleh Tjahjo Kumolo, sebanyak 17 pimpinan kementerian, lembaga, BUMN, dan badan hukum publik menandatangani nota kesepahaman percepatan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP). Di hari itu, Wapres menegaskan percepatan kehadiran MPP dapat memperbaiki kualitas pelayanan publik dan meningkatkan investasi.

 Baca juga: Jenazah Tjahjo Kumolo Tiba di TMP Kalibata

Penandatanganan disaksikan langsung oleh Wakil Presiden RI dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ad interim Mahfud Md.

“Saya meminta penandatanganan nota kesepahaman ini tidak hanya simbolis semata. Harus benar-benar diwujudkan dengan mengesampingkan ego sektoral guna tercapainya percepatan penyelenggaraan MPP yang berkualitas,” ungkap Wapres Ma’ruf dalam acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Percepatan Penyelenggaraan MPP di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Pada kesempatan itu Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan nota kesepahaman menjadi dasar komitmen untuk ikut serta dalam memberikan pelayanan di MPP. Penandatanganan tersebut menjadi langkah penting dalam komitmen untuk merealisasikan tugas dan amanat reformasi birokrasi dalam pelayanan publik.

Sekadar diketahui MPP pusat terpadu sehingga akan lebih mudah dalam merealisasikan pelayanan publik.

Pada hari penting itu, meski tidak dihadiri Tjahjo, namun 17 lembaga telah sepakat dan melakukan memorandum of understanding (MoU), yakni

1. Kementerian PANRB

2. Kementerian Dalam Negeri

3. Kementerian Keuangan

4. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

5. Kementerian Agama

6. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

7. Mahkamah Agung

8. Kejaksaan Agung

9. Kepolisian Negara RI

10. Badan Narkotika Nasional (BNN)

11. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

12. Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)

13. Perpustakaan Nasional.

14. BPJS Kesehatan

15. BPJS Ketenagakerjaan

16. PT Taspen

17. PT PLN.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini