Share

Usai Disalatkan, Jenazah Tjahjo Kumolo Dibawa ke TMPN Utama Kalibata

Dimas Choirul, MNC Media · Jum'at 01 Juli 2022 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 337 2621960 usai-disalatkan-jenazah-tjahjo-kumolo-dibawa-ke-tmpn-utama-kalibata-RgMPpzpXyH.jpg Jenazah Tjahjo Kumolo/ Foto: Faisal Rahman

JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD resmi menyerahkan jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dari pihak keluarga kepada negara. Penyerahan itu dilakukan setelah jenazah disalatkan di Masjid Quba.

 BACA JUGA:Tjahjo Kumolo Wafat, Megawati Bersedih Kehilangan Adik yang Sudah Berjuang Bersama

"Saya Menko Polhukam Mahfud MD mewakili pemerintah dan TNI menyatakan menerima jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi almarhum Bapak Haji Tjahjo Kumolo dan selanjutnya jenazah almarhum akan saya berangkatkan ke tempat pemakamannya di TMPNU Kalibata Jakarta Selatan untuk dimakamkan secara militer," kata Mahfud saat memimpin upacara di Masjid Quba, Jumat (1/7/2022).

Pantauan di lokasi, jenazah diberangkatkan ke TMPNU Kalibata sekitar pukul 16.40 WIB. Jenazah kemudian diantar oleh mobil ambulans yang dikawal ketat oleh anggota kepolisian dan militer.

 BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Ajak MNC Media Tangkal Hoaks di Medsos

Sementara itu, terlihat pula sejumlah pejabat yang hadir mengikuti prosesi penyalatan dan pelepasan jenazah di antaranya Adapaun pejabat tersebut antara lain Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kabasarnas Marsda Henri Alfiandi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wamendes Budi Arif.

Diketahui, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022 pukul 11.10 WIB. Jenazah sempat menjalani perawatan selama beberapa waktu di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo.

Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957 atau meninggal di usia 64 tahun. Dia menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019, pada Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja.

 BACA JUGA:Gunung Ile Lewotolok di Lembata Erupsi, Semburkan Abu Setinggi 1.300 Meter

Tjahjo juga merupakan salah seorang politikus Indonesia dan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Tjahjo Kumolo secara mengejutkan dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015 yang pada periode sebelumnya duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI-P.

 BACA JUGA:8 Artis Ternama Pernah Jadi Gadis Sampul, Nomor 4 Sempat Hamil di Luar Nikah dan Terjerat Narkoba

Tjahjo Kumolo sebelumnya juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum KNPI dan anggota Partai Golongan Karya (Golkar).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini